ANALISIS MODEL CIPP (CONTEX – INPUT – PROCESS – PRODUCT) PADA BIMBEL AHE Q-COURSE DI KALIWUNGU KUDUS


Zalva Farhana, 1201418050 (2022) ANALISIS MODEL CIPP (CONTEX – INPUT – PROCESS – PRODUCT) PADA BIMBEL AHE Q-COURSE DI KALIWUNGU KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418050 - Zalva Farhana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalah yang diakibatkan Covid-19 menyebabkan perubahan sistem Pendidikan dilaksanakan dengan daring menyebabkan kualitas Pendidikan di Indonesia mengalami penurunan, selain itu peran orang tua yang kurang maksimal dalam mendidik anaknya. Program bimbingan belajar dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, tidak semua program bimbingan belajar dapat berjalan dengan maksimal, banyak keluhan yang dialami peserta bimbingan belajar maupun orang tua peserta bimbingan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Program Bimbel AHE QCourse Kaliwungu kudus, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat subjek dan dua informan dalam penelitian ini. Subjeknya yaitu kepala bimbingan belajar Q-Course, tiga tutor, dan informannya yaitu dua orang tua peserta bimbingan belajar. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian meliputi: (1) Context: kebutuhan bimbingan belajar dan tujuan bimbingan belajar (2) Input: ketersediaan tutor yang berkompeten dan sumber dana yang diperoleh dari SPP peserta bimbingan belajar (3) Process: proses bimbingan belajar dilaksanakan dengan metode privat disertai dengan game diakhir proses bimbingan belajar, pelaksanaan bimbingan belajar sesuai dengan jadwal namun terkadang ada beberapa peserta bimbel berangkat tidak sesuai jadwal. (4) Product: peserta bimbingan belajar dapat menguasai materi, yaitu pada program AHE peserta bimbingan belajar sudah bisa membaca. Simpualan (1) Analisis Context: tujuan yang telah ditetapkan sudah tercapai dan melakukan analisis kebutuhan identifikasi dengan mengadakan evaluasi setiap bulan sekali. (2) Analisis Input: terdapat sumber daya manusia yaitu ketersediaan tutor yang berkompeten dengan mengikuti Training selama satu bulan dan sumber dana yang diperoleh dari SPP peserta bimbingan belajar. (3) Analisis Proscess: pada Bimbel AHE Q-Course Kaliwungu Kudus adanya aktivitas pelaksanaan dilakukan dengan efektif dan terarah (4) Analisis Product: peserta bimbingan belajar mengalami perubahan perilaku dan perkembangan pengetahuan. Seran: (1) kepala bimbel AHE dapat mengelolala hasil analisis pada aspek input yaitu lebih ditekankan pada orang tua untuk membayar SPP tepat waktu agar administrasi dapat tertata dengan rapi dan efektif. (2) Analisis process yaitu saran dari peneliti untuk ruangan bimbingan belajar dapat diperbaiki dan untuk peserta bimbingan belajar yang berangkat tidak sesuai jamnya, kepala bimbingan belajar memberitahu kepada orang tua agar berangkat sesuai dengan jadwalnya sehingga saat proses bimbingan belajar dapat terlaksana dengan baik dan tidak menimbulkan kericuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis evalusi, Model CIPP, Bimbingan Belajar, AHE (Anak Hebat), Covid-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:23
Last Modified: 06 Jan 2023 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54726

Actions (login required)

View Item View Item