IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN PEMUDA PADA BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA JUNGJANG KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON


Rachman Yushril Fadillah, 1201418033 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN PEMUDA PADA BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA JUNGJANG KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418033 - Rachman Yushril Fadillah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengangguran merupakan permasalahan yang umumnya diresahkan oleh penduduk berusia muda dan ditimbulkan oleh rendahnya kemampuan serta ketersediaan lapangan kerja yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program-program yang diselenggarakan dan mendeskripsikan implementasi program pelatihan pemuda pada BUMDes Jungjang sebagai upaya dalam menekan jumlah pengangguran. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Subjek penelitian berjumlah 7 orang dan informan penelitian berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan program-program BUMDes Jungjang yang meliputi pengelolaan pasar, pengelolaan sampah dan tata usaha secara keseluruhan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa baik dalam aspek ekonomi maupun sosial. Dalam bidang ekonomi, berdampak pada peningkatan jumlah penduduk yang memiliki penghasilan. Sedangkan pada bidang sosial mempunyai dampak pengurangan jumlah pengangguran yang umumnya dialami oleh penduduk usia muda. Adapun penyelenggaraan pelatihan pemuda dilakukan dalam rangka mengentaskan masalah pengangguran yang sering diresahkan. Tujuan lain dari pelaksanaan program pelatihan pemuda yakni memberikan bekal kepada masyarakat selaku partisipan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi dunia kerja. Partisipan kegiatan yang dianggap layak untuk diberikan pekerjaan akan dijadikan sebagai pekerja pada kawasan usaha milik BUMDes Jungjang. Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan terdapat hambatan berupa timbulnya rasa malas yang berasal dari partisipan. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pelatihan yang monoton. Simpulannya, program-program milik BUMDes Jungjang hadir sebagai upaya dalam memecahkan permasalahan ekonomi dan sosial yang terjadi di Desa Jungjang. Adapun penerapan kegiatan pelatihan pemuda merupakan program unggulan yang dapat menciptakan tingkat kesejahteraan yang baik dengan mempersiapkan pemuda sebagai calon pekerja pada kawasan usaha milik desa yang telah disediakan. Saran bagi keseluruhan yang meliputi pemerintah desa, pelaksana operasional BUMDes dan pemuda ialah untuk tetap saling bekerja sama dalam berbagai kegiatan demi terciptanya kondisi masyarakat sejahtera dan desa yang mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemuda, Pelatihan, BUMDes
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:13
Last Modified: 06 Jan 2023 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54711

Actions (login required)

View Item View Item