PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)


Shinta Amelia, 1201418027 (2022) PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (PLS) UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418027 - Shinta Amelia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lulusan mahasiswa PLS diharapkan memiliki pengetahuan, keahlian, sikap, dan nilai yang harus dikuasai sehingga perlu memiliki karakter dalam kecerdasan sosial. Mahasiswa masih belum bisa mengempangkan kemampuannya secara maksimal dan belum memiliki karakter yang kuat dan beradab. Organisasi kemahasiswaan dapat menjadi solusi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kecerdasan sosial mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan mahasiswa PLS UNNES dalam berorganisasi, mengetahui kecerdasan sosial pada mahasiswa PLS UNNES serta mengetahui adakah pengaruh keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi terhadap kecerdasan sosial pada mahasiswa PLS UNNES. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PLS UNNES yang sedang atau telah aktif dalam organisasi kemahasiswaan, dengan jumlah 105 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel teknik sample random sampling dan diperoleh 52 sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kuesioner/angket terdiri atas 39 pernyataandan teknik dokumentasi. Metode analisis penelitian ini adalah dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial yang terfokus terhadap regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi pada kriteria sangat aktif dalam berorganisasi dengan perolehan skor rata-rata atau mean 77,16. Kecerdasan sosial mahasiswa PLS termasuk pada kriteria sangat tinggi dilihat dari perolehan skor rata-rata atau mean 94,22. Keaktifan mahasiswa PLS UNNES dalam berorganisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecerdasan sosial mahasiswa PLS UNNES karena koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,915 dan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, kecerdasan sosialsangat diperlukan agar lulusan mahasiswa PLS menjadi tenaga professional dibidangnya serta dapat memberdayakan masyarakat serta keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi dpat meningkatjan kecerdasan sosial pada mahasiswa. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa aktif dalam berorgansasi dan meningkatkan kecerdasan sosialnya serta peneliti berharap agar mahasiswa PLS UNNES dapat memaksimalkan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, agar dapat meningkatkan kecerdasan sosialnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan berorganisasi, kecerdasn sosial, mahasiswa PLS UNNES
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 23:45
Last Modified: 05 Jan 2023 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54707

Actions (login required)

View Item View Item