DINAMIKA KELOMPOK PENGUSAHA WARUNG SATE AYAM KHAS AMBAL DAN DAMPAK PADA PERKEMBANGAN TARAF HIDUP DI DESA AMBALRESMI KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN


Roviana, 1201418026 (2022) DINAMIKA KELOMPOK PENGUSAHA WARUNG SATE AYAM KHAS AMBAL DAN DAMPAK PADA PERKEMBANGAN TARAF HIDUP DI DESA AMBALRESMI KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418026 - Roviana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Desa Ambalresmi mengalami perkembangan yang pesat dengan keberadaan Usaha Sate Ayam Khas Ambal yang semakin banyak dan kemudian membentuk sebuah Paguyuban Keluarga Pengusaha Sate Ayam Khas Ambal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis dinamika kelompok pengusaha sate ayam 2) mendeskripsikan dan menganalisis proses belajar pengusaha sate ayam 3) mendeskripsikan dan menganalisis dampak dinamika kelompok dalam perkembangan taraf hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subyek penelitian ini adalah pengusaha sate ayam, ketua paguyuban sate ayam dan informannya adalah ketua RT dan salah satu warga RT 04/03. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) dinamika paguyuban pengusaha sate ayam berjalan dinamis. Terlihat unsur dinamika seperti pengembangan, kekompakan, suasana, tekanan dan keefektifan kelompok yang berjalan. Sedangkan tujuan, struktur dan fungsi tugas kelompok perlu adanya penambahan agar semakin lengkap. Aspek dinamika dalam paguyuban juga sudah berjalan. Terlihat bahwa setiap anggota selalu termotivasi mengikuti kegiatan kelompok, interaksi yang terjalin baik sesama anggota maupun bukan dan kepemimpinan kelompok yang dapat membina kelompok dengan baik. 2) proses belajar yang dilakukan oleh pengusaha sate dengan mengamati dan menerapkan, belajar sambil bekerja, serta dengan adanya kegiatan bersama paguyuban melalui pertemuan rutin dan adanya bimbingan, sosialisasi serta pelatihan dari dinas terkait. 3) dampak pada perkembangan taraf hidup dengan kemajuan usaha sate dirasakan oleh pengusaha sate itu sendiri dilihat dari pendapatan mereka yang dapat mencukupi kebutuhan pokok, mengembangkan usaha, memberikan pendidikan setinggi-tingginya untuk anak, dan fasilitas kendaraan yang memadai. Sedangkan yang dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan adanya usaha sate yaitu mendapatkan pekerjaan dan dapat membuka usaha seperti produksi ketupat, produksi tempe dan usaha penggilingan bumbu. Simpulan dari penelitian ini adalah Paguyuban Pengusaha Sate Ayam Khas Ambal berjalan dinamis, dilihat dari unsur dan aspek di dalamnya. Proses belajar dari mereka adalah melalui interaksi dimana mereka akan bekerja sambil belajar, mengamati dan menerapkan. Dampak pada perkembangan taraf hidup dirasakan oleh pengusaha maupun masyarakat yaitu mereka dapat memenuhi kebutuhan pokok, mencukupi pendidikan anak, dan melakukan perkembangan usaha. Saran yang diberikan yaitu kepada paguyuban adalah lebih memperjelas terkait unsur tujuan, struktur dan fungsi tugas. Bagi pemerintah yaitu lebih memperhatikan kesejahteraan pengusaha UMKM dan untuk peneliti selanjutnya adalah dapat meneliti terkait perubahan sosial budaya adanya usaha Sate Ayam Khas Ambal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dinamika Kelompok, Proses Belajar, Taraf Hidup
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 23:42
Last Modified: 05 Jan 2023 23:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54706

Actions (login required)

View Item View Item