EDUKASI UNDERWEAR RULES SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KB YAYASAN SALSABILA AL- ISLAMI KECAMATAN KOSAMBI KABUPATEN TANGERANG


Alfiani Latifah, 1201418016 (2022) EDUKASI UNDERWEAR RULES SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI KB YAYASAN SALSABILA AL- ISLAMI KECAMATAN KOSAMBI KABUPATEN TANGERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418016 - Alfiani Latifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Akibat meningkatnya kekerasan seksual anak. Maka, KB yayasan Salsabila Al-islami melaksanakan upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia prasekolah melalui edukasi underwear rules dengan mengajarkan lima konsep yang disebut (PANTS). Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini yakni, (1) Mendeskripsikan pelaksanaan edukasi underwear rules sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual di KB yayasan Salsabila Al-islami, (2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan pendidik untuk mencegah kekerasan seksual di KB yayasan Salsabila Al-islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang tenaga pendidik pengampu edukasi underwear rules, 4 orang tua peserta didik sebagai informan. Sumber data penelitian data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan teori. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, (1) pelaksanaan underwear rules akibat meningkatnya kekerasan seksual pada anak. Pada pelaksanaannya menggunakan metode yang bervariatif dengan dibantu penggunaan media yang bersifat audiovisual sehingga memudahkan anak untuk menerima materi yang diberikan pendidik, (2) KB yayasan Salsabila Al-islami juga melakukan upaya pencegahan melalui tindakan preventif dan tindakan kuratif sebagai penanganan apabila terjadi peristiwa kekerasan seksual. Simpulan dari penelitian ini yaitu (1) pelaksanaan underwear rules memberikan pemahaman upaya pencegahan kekerasan seksual, (2) KB yayasan Salsabila melakukan tindakan preventif dan tindakan kuratif dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia prasekolah. Adapun saran yang diberikan (1) KB yayasan Salsabila Al-islami dapat menjalin kerja sama dengan instansi DP3AP kabupaten Tangerang agar pelaksanaan edukasi underwear rules sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia prasekolah dapat berjalan lebih optimal, (2) Menggunakan media pembelajaran Alat Peraga Edukatif (APE) agar peserta didik dapat lebih mudah dalam memahami materi underwear rules.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Underwear Rules, Pencegahan Kekerasan Seksual, Anak Usia Prasekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 23:40
Last Modified: 05 Jan 2023 23:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54705

Actions (login required)

View Item View Item