KEBIJAKAN HUKUM PIDANA DALAM PENANGGULANGAN TINDAKAN MAIN HAKIM SENDIRI (EIGENRECHTING) YANG DILAKUKAN OLEH MASSA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA


Ricky Cahyo Satrio, 8111413282 (2020) KEBIJAKAN HUKUM PIDANA DALAM PENANGGULANGAN TINDAKAN MAIN HAKIM SENDIRI (EIGENRECHTING) YANG DILAKUKAN OLEH MASSA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413282 - Ricky Cahyo Satrio.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal. Pertama, apa faktor penyebab terjadinya tindakan main hakim sendiri (Eigenrechting) yang dilakukan oleh massa terhadap pelaku tindak pidana dan yang kedua bagaimanakah upaya penanggulangan tindakan main hakim sendiri yang dilakukan oleh massa terhadap pelaku tindak pidana. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kepustakaan (library research) dan metode penelitian lapangan (Field research) untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Hasil yang diperoleh Penulis dalam penelitian ini, antara lain bahwa: Faktor penyebab tindakan main hakim sendiri yang dilakukan oleh massa terhadap pelaku tindak pidana adalah sebagai berikut: 1) Faktor internal pelaku main hakim sendiri, antara lain: Ketidakpercayaan masyarakat terhadap penegak hukum dalam menangani pelaku tindak pidana, Emosi dan sakit hati terhadap pelaku tindak pidana, agar pelaku tindak pidana jera dan supaya calon pelaku tindak pidana lain takut melakukan hal yang sama, anggapan bahwa menghakimi pelaku tindak pidana adalah kebiasaan dalam masyarakat, ikut-ikutan, dan rendahnya tingkat pendidikan. 2) Faktor eksternal pelaku main hakim sendiri, antara lain: Faktor kepolisian yang melakukan pembiaran terhadap tindakan main hakim sendiri yang dilakukan oleh massa, dan Faktor kepolisian yang lamban dan tidak profesional dalam menangani kasus-kasus tindak pidana. Upaya pencegahan dan penanggulangan tindakan main hakim sendiri (eigenrechting) dapat dilakukan dengan 2 langkah antara lain: 1) Preventif, yaitu Membangun kewibawaan dan kepastian hukum yang memenuhi rasa keadilan masyarakat; Dengan himbauan dan penyuluhan hukum; dan Melaksanakan patroli rutin. 2) Represif, yaitu memperoses pelaku main hakim sendiri terhadap pelaku tindak pidana. Namun dalam hal ini polisi belum optimal, dikarenakan banyaknya kendala yang dihadapi kepolisian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2024 00:59
Last Modified: 05 Apr 2024 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54693

Actions (login required)

View Item View Item