POLA PENDEKATAN PENDAMPINGAN PENANGANAN PERILAKU ANAK JALANAN PADA KOMUNITAS RUMAH PINTAR BANGJO KOTA SEMARANG


Zahra Nida Shabira, 1201418012 (2022) POLA PENDEKATAN PENDAMPINGAN PENANGANAN PERILAKU ANAK JALANAN PADA KOMUNITAS RUMAH PINTAR BANGJO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418012 - Zahra Nida Shabira.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anak jalanan yang sering dianggap oleh masyarakat memiliki perilaku yang tidak baik dan tanpa aturan, sehingga dalam penanganan anak jalanan diperlukan suatu pendekatan khusus sebagai upaya penanganan perilaku anak jalanan. Rumusan penelitian ini yakni, (1) bagaimana perilaku anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo?, (2) bagaimana pola pendekatan pendampingan anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo serta pola pendekatan pendampingan anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo. Metode pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder, data primer berasal dari pihak pendamping dan anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo. Sedangkan data sekunder diperoleh dari pencarian mengenai data lembaga, jurnal dan buku. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian (1) Secara fisik anak-anak dampingan Rumah Pintar Bangjo memiliki ciri-ciri yaitu kulit kusam dan memiliki bekas luka, rambut berantakan dan bewarna, tangan dan kaki kotor, pakaian lusuh. Secara psikis, anak dampingan Rumah Pintar Bangjo mudah marah, sulit diatur, membantah dan kurangnya sopan santun. (2) Pola pendekatan pendamping dalam penanganan anak jalanan di Rumah Pintar Bangjo adalah menggunakan pendekatan Street Based dan Community Based. Street Based dilakukan dengan mendampingi aktivitas anak jalanan dan berusaha memahami situasinya, pendamping menempatkan dirinya sebagai teman atau saudara. Community Based dilakukan dengan melibatkan anggota keluarga, memberikan penyuluhan dan pelatihan agar dapat melindungi dan memenuhi hak anak. Simpulan dari penelitian ini adalah perilaku anak dampingan menunjukkan secara psikis mudah marah, sulit diatur, membantah dan kurangnya sopan santun. Pendamping melakukan pendekatan Street Based dan Community Based dengan secara langsung datang ke lokasi tempat tinggal anak jalanan untuk memberikan berbagai pelayanan pendidikan dan kesehatan kepada anak jalanan maupun keluarganya. Saran dari penelitian ini, diperlukan penanaman pendidikan karakter, agar peserta didik dalam berperilaku dan berucap sesuai dengan norma dan etika yang berlaku di masyarakat. Selain itu, diperlukan peningkatan inovasi pembelajaran yang lebih menarik, sehingga peserta didik akan lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Perilaku, Anak Jalanan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:23
Last Modified: 05 Jan 2023 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54681

Actions (login required)

View Item View Item