PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS USAHA BATIK (ZIE BATIK), KAMPUNG ALAM MALON, GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG


Ifah Islamiati, 1201418002 (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS USAHA BATIK (ZIE BATIK), KAMPUNG ALAM MALON, GUNUNGPATI, KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201418002 - Ifah islamiati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan dengan cara pengembangan desa wisata oleh Zie batik yang bertempat di Gunungpati, Kota Semarang. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterlibatan masyarakat dalam pengembangan desa wisata dan merumuskan model pengembangan desa wisata yang mengedepankan partisipasi masyarakat lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 3 subjek penelitian yang terdiri dari 1 ketua Pokdarwis, 1 pengrajin kelompok batik, dan masyarakat yang mengikuti pelatihan. Informan penelitian 2 orang yang terdiri dari 1 pengelola Zie Batik dan 1 pengrajin batik Zie. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian dana, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Strategi pemberdayaan masyarakat yang yang dilakukan diantaranya yaitu Pertama, Pengembangan Sumber Daya Manusia, melakukan pelatihan keterampilan. Kedua, Pengembangan Kelompok, dengan adanya kerja sama yang baik dengan masyarakat dan kelompok pengrajin batik lainnya. Ketiga, Pengembangan Usaha Produktif, dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Keempat, Penumpukan Modal Usaha, adanya modal berupa uang dan pelatihan ang diberikan kepada masyarakat untuk mengembangan usaha batik Zie Batik. Kelima, Penyediaan Informasi Tempat Guna, dilakukan menggunakan media sosial untuk memperluas informasi tentang Desa Wisata Kampung Alam Malon dengan kerajinan batik alamnya sehingga dikenal masyarakat luas. Simpulan penelitian ini adalah strategi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui pengembangan usaha batik yang dilakukan oleh Zie Batik. Keberhasilan dikdukung dengan adanya partisipasi aktif masyarakat sehingga kemajuan yang ada di Desa Wisata tersebut dapat dilihat secara langsung. Saran untuk masyarakat agar lebih memperhatikan hasil potensi alam agar dapat dimanfaatkan lebih baik lagi, sehingga keberhasilan dalam usaha batik dapat meningkatkan perekonomian mayarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Desa Wisata, Usaha Batik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:08
Last Modified: 05 Jan 2023 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54676

Actions (login required)

View Item View Item