PERAN INSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN ETOS BELAJAR PESERTA PELATIHAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI BBPVP SEMARANG


Arina Hukma Adila Anwar, 1201417078 (2022) PERAN INSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN ETOS BELAJAR PESERTA PELATIHAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI BBPVP SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417078 - Arina Hukma Adila Anwar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemerosotan moral anak di Indonesia, etos kerja yang kurang,etos belajar dan keterampilan yang masih rendah, menyebabkan pengangguran meningkat. Program pelatihan menjadi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan kerja. Pelatihan merupakan pendidikan non formal yang dipandu dengan seseorang yang sering disebut dengan Instruktur. Pendidikan non formal lebih santai dilakukan, karena waktu yang tidak terus menerus. Instruktur berperan dalam proses pembelajaran pelatihan. Tujuan penelitan adalah mendeskripsikan etos belajar dan peran instruktur dalam pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran di BBPVP Semarang supaya dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas karyawan, serta dapat pangasahan awal bagi peserta yang akan bekerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pengambilan enam orang sebagai sumber penelitian. teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawan cara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi, pada tahap analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan hasil kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa instruktur sudah menjadi informan bagi peserta pelatihan dengan memberikannya materi dan gambaran di dunia pekerjaan kantor. Instruktur memfasilitasi peserta pelatihan yang kurang menguasai materi, karena instruktur bertujuan membuat kenyamanan saat peserta menjalani proses pembelajaran. Instruktur dapat memandu dan mengendalikan peserta pada saat pembelajaran. Memberikan motivasi juga diharapkan oleh peserta guna memacu semangat menjalani proses pelatihan. Untuk menilai hasil kemampuan peserta dalam memahami materi, instruktur memberikan evaluasi diakhir pembelajaran pelatihan. Simpulan pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran di BBPVP Semarang yaitu : Instruktur dapat menjadi informator, fasilitator, moderator, motivator, dan evaluator bagi peserta pelatihan. Peran instruktur yaitu sebagai pemandu, pengawas, dan mengatur pembelajaran pelatihan yang dilaksanakan, memperhatikan keberhasilan pembelajaran peserta, memberikan teknik-teknik khusus, menjadi moderator disaat menggunakan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Instruktur, Etos Belajar, Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran, BBPVP Semarang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:59
Last Modified: 05 Jan 2023 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54674

Actions (login required)

View Item View Item