PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKS DESKRIPSI BERMUATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN PEKALONGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP


Mahfirotunisa, 2101418111 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEKS DESKRIPSI BERMUATAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN PEKALONGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418111 - Mahfirotunisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam mencapai efektivitas kelas dan pembelajaran yang berlangsung optimal. Di lokasi penelitian, belum banyak media yang digunakan dalam pembelajaran membaca teks deskripsi. Selain itu, siswa kelas VII kesulitan dalam mengidentifikasi isi teks dan mendaftar ciri umum teks deskripsi yang dibaca. Penyesuaian teks deskripsi yang dipadukan dengan muatan budaya lokal perlu diperhatikan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran. Melalui media interaktif berbasis android, selain belajar teks deskripsi, siswa dapat mengapresiasi dengan mengenal budaya lokal sehingga tumbuh rasa cinta dan keinginan untuk melestarikan kebudayaan daerah yang dideskripsikan. Melalui pengembangan media interaktif berbasis android, diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang kebudayaan daerah Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media interaktif berbasis android pada materi teks deskripsi bermuatan budaya lokal Kab. Pekalongan untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan dari teori Sugiyono, meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data penelitian berupa informasi kebutuhan dan validasi media yang berasal dari pengisian angket oleh sumber data, yaitu siswa, pendidik, dan ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan dan simpulan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi teks deskripsi yang bermuatan kebudayaan lokal Pekalongan. 2) uji validasi ahli media diperoleh skor 75 dari skor maksimum 80 dengan kategori “sangat baik” dengan persentase kelayakan sebesar 93,75% dari rentang X>85%, dan dari ahli materi diperoleh skor 76 dari skor maksimum 80 dengan kategori “sangat baik” dengan persentase kelayakan 96% dari rentang X>85%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis android pada materi teks deskripsi layak untuk digunakan dengan persentase keseluruhan 95%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat direkomendasikan, yaitu media interaktif berbasis android dapat dijadikan sebagai media alternatif bagi siswa dan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar teks deskripsi serta sebagai upaya untuk memperkenalkan dan menanamkan sikap cinta budaya Pekalongan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, teks deskripsi, budaya lokal Kab. Pekalongan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:54
Last Modified: 05 Jan 2023 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54673

Actions (login required)

View Item View Item