ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM ARTIKEL OPINI KOMPAS.ID SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEKS ARTIKEL PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/SMK


Yessinta Yulianti, 2101418094 (2022) ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI DALAM ARTIKEL OPINI KOMPAS.ID SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEKS ARTIKEL PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/SMK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418094 - Yessinta Yulianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan yang kompleks serta membutuhkan banyak komponen. Salah satu komponen wajib untuk mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar adalah sumber belajar. Seiring perkembangan zaman, sumber belajar semakin bervariatif dan terus melakukan pembaharuan. Namun, faktanya sumber belajar yang digunakan pendidik belum tepat sehingga hasil pembelajaran kurang optimal. Media massa daring merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan pendidik, salah satunya media massa daring kompas.id. Media ini menyajikan beragam informasi, seperti berita, cerpen, dan artikel opini. Penelitian ini fokus meneliti artikel opini yang termuat di media massa daring kompas.id sebagai sumber belajar ditinjau dari aspek kebahasaan, yakni kohesi dan koherensi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penanda kohesi yang termuat dalam artikel opini pada media massa daring kompas.id, (2) mendeskripsikan penanda koherensi yang termuat dalam artikel opini pada media massa daring kompas.id, serta (3) mendeskripsikan kelayakan artikel opini pada media massa daring kompas.id sebagai sumber belajar teks artikel peserta didik kelas XII SMA/SMK berdasarkan kriteria sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis berupa teori kohesi, koherensi, dan sumber belajar serta pendekatan metodologis berupa metode kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa duapuluh artikel opini yang dipublikasikan dalam media massa daring kompas.id edisi Januari-Februari 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini secara triangulasi (gabungan), yakni dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrumen) dan kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini kemudian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanda kohesi yang termuat dalam artikel opini adalah kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Kohesi gramatikal berupa referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi, kemudian kohesi leksikal berupa kolokasi, repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, meronimi, dan ekuivalensi. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa penanda koherensi yang yang termuat dalam artikel opini adalah koherensi berpenanda dan koherensi tidak ix berpenanda. Koherensi berpenanda berupa koherensi kausalitas, koherensi kontras, koherensi aditif, koherensi temporal, koherensi kronologis, koherensi perurutan, dan koherensi intensitas, kemudian koherensi tidak berpenanda berupa koherensi perincian dan koherensi perian. Sementara itu, hasil penelitian ketiga menunjukkan bahwa terdapat enam belas artikel opini yang dinyatakan layak sebagai sumber belajar dan terdapat empat artikel opini yang dinyatakan tidak layak sebagai sumber belajar. Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi pendidik, hasil penelitian ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan untuk menyeleksi sumber belajar teks artikel bagi kelas XII SMA/SMK; (2) bagi peserta didik, artikel opini dalam media massa daring kompas.id hendaknya dapat menjadi sumber belajar bagi kelas XII SMA/SMK, hasil penelitian berupa kohesi dan koherensi dalam artikel opini hendaknya dapat menjadi sumber pengetahuan untuk memahami aspek kebahasaan tersebut; (3) bagi peneliti lain, hasil penelitian ini hendaknya menjadi referensi atau bahan untuk mengembangkan penelitian terkait kohesi, koherensi, dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kohesi, koherensi, media massa daring, sumber belajar, dan teks artikel.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:30
Last Modified: 05 Jan 2023 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54671

Actions (login required)

View Item View Item