PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PODCAST UNTUK PEMBELAJARAN MENYIMAK BIPA 4 DI UNIVERSITAS KEIO JEPANG


Anindya Prawita, 2101418083 (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PODCAST UNTUK PEMBELAJARAN MENYIMAK BIPA 4 DI UNIVERSITAS KEIO JEPANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418083 - Anindya Prawita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang masih menjadi kendala bagi pembelajaran BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang. Sumber pembelajaran yang hanya berupa buku pengayaan wacana, materi yang berasal dari pengajar, dan kurangnya bahan simakan dari penutur jati menjadi alasan rendahnya kemampuan menyimak pemelajar BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang. Sehingga pembelajaran menyimak pada pembelajaran BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang perlu mendapat perhatian. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan analisis studi pendahuluan pembelajaran BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang, (2) mendeskripsikan desain prototipe modul elektronik berbasis podcast untuk pembelajaran menyimak BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi ahli terhadap modul elektronik berbasis podcast untuk pembelajaran menyimak BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang, dan (4) mendeskripsikan perbaikan prototipe modul elektronik berbasis podcast untuk pembelajaran menyimak BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti menyadur lima langkah dari sepuluh langkah penelitian untuk digunakan dalam penelitian ini. Lima langkah tersebut yaitu (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data dalam penelitian ini yaitu data kebutuhan pengajar dan pemelajar BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang dan data hasil penilaian validator. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pengajar dan pemelajar BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang dan dosen ahli dari Universitas Negeri Semarang sebagai validator. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) pedoman observasi, (2) pedoman wawancara, (3) angket kebutuhan, dan (4) angket penilaian prototipe produk. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa pengajar dan pemelajar BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang membutuhkan sumber pembelajaran berupa modul dan berisi bahan simakan berupa podcast. Modul disusun secara menarik, banyak menampilkan latihan soal serta berisi dialog percakapan. Prototipe modul elektronik berbasis podcast dikembangkan berdasarkan prinsip pengembangan modul dengan memperhatikan empat aspek antara lain (1) aspek materi/isi, (2) aspek penyajian materi, (3) aspek kebahasaan, dan (4) aspek grafika. Hasil penelitian ini yaitu (1) sumber pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang hanya buku pengayaan wacana dan sumber pembelajaran dari pengajar sendiri. Selain itu, tidak ada bahan simakan yang berasal dari penutur jati untuk meningkatkan keterampilan menyimak. Maka dibutuhkan sumber pembelajaran berupa modul elektronik berbasis podcast sebagai penunjang pembelajaran menyimak BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pengajar dan pemelajar membutuhkan modul yang disusun secara menarik, banyak menampilkan latihan soal serta berisi dialog percakapan. Maka prototipe modul elektronik berbasis podcast dikembangkan berdasarkan prinsip pengembangan modul dengan memperhatikan empat aspek antara lain aspek materi/isi, aspek penyajian materi, aspek kebahasaan, dan aspek grafika. (2) Prototipe modul elektronik berbasis podcast berbentuk pdf, berukuran A4 (21 x 29,7 cm) dan berjumlah 69 halaman. Modul elektronik berbasis podcast terdiri atas bagian awal modul, bagian isi modul, dan bagian akhir modul. (3) Hasil uji validasi terhadap modul elektronik berbasis podcast oleh ahli bidang yaitu pada aspek materi/isi mendapat rata-rata nilai 86. Pada aspek penyajian materi mendapat nilai rata-rata 86,1. Aspek kebahasaan mendapat nilai rata-rata 81,2. Aspek grafika mendapat nilai rata-rata 93,3. Aspek konten/isi podcast mendapat nilai rata-rata 94,9. Namun demikian, terdapat beberapa perbaikan dari validator terhadap modul elektronik berbasis podcast yang kemudian dijadikan acuan dalam perbaikan modul elektronik berbasis podcast. (4) Dari hasil penilaian ahli, didapatkan beberapa saran perbaikan yaitu pada aspek materi/isi, aspek penyajian materi, aspek kebahasaan, dan aspek grafika. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar dalam pembelajaran BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang menggunakan sumber pembelajaran berupa modul yang disertai dengan bahan simakan yang berasal dari penutur jati sebagai penunjang keterampilan berbahasa khususnya menyimak bagi pemelajar BIPA 4 di Universitas Keio, Jepang. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai produk penelitian pengembangan berupa modul elektronik berbasis podcast sebagai upaya untuk melengkapi kekurangan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul BIPA, menyimak, podcast
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:01
Last Modified: 05 Jan 2023 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54670

Actions (login required)

View Item View Item