MANAJEMEN SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO (SABS) DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK


Gadis Sulistyorini, 1201417071 (2022) MANAJEMEN SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO (SABS) DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417071 - Gadis Sulistyorini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu karakter yang perlu dikembangkan sejak dini. Mengembangkan karakter kemandirian diperlukan manajemen pendidikan yang dikelola secara sistematis agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sekolah alam menjadi salah satu inovasi Pendidikan yang menekankan pada pengembangan karakter dengan kegiatan belajar di lingkungan alam. Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu mendeskripsikan dan menganalisis manajemen PAUD Taruna Teladan II dalam menumbuhkembangkan karakter kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, pendidik, dan orang tua peserta didik PAUD Taruna Teladan II. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa manajemen PAUD Taruna Teladan II dalam mengelola komponen-komponen lembaga yang terdiri dari tenaga pendidik, peserta didik, kurikulum, sumber pembiayaan, sarana prasarana, dan hubungan sekolah dengan masyarakat terdapat 4 tahapan, tahapan pertama yaitu perencanaan terkait proses pengadaan dan rancangan pelaksanaan sumber daya, tahapan kedua pengorganisasian yaitu proses pembagian tugas kepada personalia sekolah dan pengelompokan peserta didik berdasarkan usianya, tahapan ketiga pelaksanaan yaitu pengimplementasian perencanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan pedoman pelaksanaan yang telah ditetapkan, dan tahapan keempat evaluasi yaitu proses penilaian dan pengendalian pelaksanaan manajemen PAUD Taruna Teladan II yang kemudian menjadi masukan dalam proses pengelolaan lembaga selanjutnya sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Pengembangan karakter kemandirian diwujudkan melalui model, metode, pendekatan, strategi pembelajaran dan kegiatan pendukung. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa manajemen PAUD Taruna Teladan II dilakukan secara terstruktur dan sistematis, sehingga dapat mencapai tujuan untuk mengembangkan karakter kemandirian peserta didik yang ditunjukkan peserta didik yang sudah mampu mengurus dirinya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Peneliti memberikan saran pendidik untuk memaksimalkan sarana pembelajaran yang ada dan memperbanyak referensi untuk dijadikan acuan dalam kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Manajemen Sekolah Alam, Karakter Kemandirian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:55
Last Modified: 05 Jan 2023 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54657

Actions (login required)

View Item View Item