PENGARUH PROGRAM MAGANG TERHADAP HARD SKILL DAN SOFT SKILL (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang)


Intan Devi Risnawati, 1201417068 (2022) PENGARUH PROGRAM MAGANG TERHADAP HARD SKILL DAN SOFT SKILL (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417068 - Intan Devi Risnawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya tuntutan dan ketatnya persaingan kerja, tidak menutup kemungkinan mengakibatkan lonjakan jumlah pengangguran terbuka. Calon lulusan (mahasiswa) membutuhkan hard skill dan soft skill sebagai kemampuan dasar yang menunjang dunia kerja. Salahsatu model pelatihan mahasiswa yang menerapkan hard skill dan soft skill secara langsung ialah praktik industri atau magang. Secara general magang dapat meningkatkan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pengalaman magang terhadap hard skill dan soft skill mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 151 mahasiswa lalu sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 110 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berjumlah 33 butir instrument, analisis butir instrument dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data penelitian menggunakan uji prasyarat, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat pengaruh program magang terhadap hard skill mahasiswa dengan nilai simultan (Uji T) diketahui besarnya thitung 9,922 dan lebih besar dari ttabel 6,332 dengan nilai.sig 0,000 kurang dari 0,005 maka pengujian yang dilakukan menolak H0 dan menerima Ha. Kontribusi pengaruh program magang terhadap hard skill sebesar 47,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis kedua terdapat pengaruh program magang dengan nilai simultan (Uji T) diketahui besarnya thitung 10,112 dan lebih besar dari ttabel 2,820 dengan nilai sig. 0,000 kurang dari 0,005 maka analisis yang dilakukan menolak H0 dan menerima Ha. Kontribusi pengaruh program magang terhadap soft skill sebesar 48,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin besar pengaruh program magang yang dihasilkan maka semakin besar perubahan yang diperoleh mahasiswa. Simpulan dari hasil penelitian terdapat pengaruh program magang terhadap hard skill dan soft skill mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Semarang. Saran bagi pelaksana magang ialah lebih memaksimalkan kembali pada praktek pemerolehan hard skill dan soft skill selama program magang berlangsung, sehingga manfaat dari program magang dapat menunjang profesi kedepannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Magang, Hard Skill, Soft Skill
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:37
Last Modified: 05 Jan 2023 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54656

Actions (login required)

View Item View Item