PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN MEMBATIK PADA KELOMPOK WALITIS DI DESA JETIS KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG


Ivana Iman Sari, 1201417060 (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELATIHAN MEMBATIK PADA KELOMPOK WALITIS DI DESA JETIS KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417060 - Ivana Iman Sari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan menjadi permasalahan yang sering dibicarakan. Permasalahan kemiskinan muncul karena rendahnya faktor pendidikan dan tidak meratanya pendidikan di pedesaan. Sehingga perlu adanya troboson dari pendidikan nonformal untuk menciptakan inovasi baru yaitu berupa pendidikan keterampilan melalui pelatihan membatik. Pelaksanaan pembelajaran pelatihan membatik diharapkan mampu menjadi inovasi baru dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di pedesaan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dari identifikasi kebutuhan, perencanaan berupa kelompok sasaran, materi, sumber belajar, dan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi proses, hasil, dan akhir, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pada pelaksanaan pembelajaran membatik. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi mengenai proses pembelajaran pelatihan membatik. Melakukan wawancara dengan pengelola batik walitis, 2 instruktur pelatihan, dan 5 peserta pelatihan membatik. Dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto dan video pembelajaran serta arsip pelatihan membatik. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran membatik terdapat proses identifikasi kebutuhan dimasyarakat, terdapat 15 peserta membatik, modul sebagai materi pembelajaran, 2 tutor, alat dan bahan membatik, sarana prasarana sebagai sumber belajar, metode pembelajaran menggunakan ceramah dan praktik, pelaksanaan melalui tahap persiapan oprasional dan pelaksanaan kegiatan, pada evaluasi terdapat post test dan pre test, evaluasi saat pembelajaran berlangsung, dan uji kopetensi membatik, faktor pendukung pembelajaran berasal dari partisipasi masyarakat dalam mengikuti pembelajaran pelatihan membatik, sedangkan faktor penghambat berasal dari faktor cuaca, manajemen waktu, dan fasilitas pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini dalam pelaksanaan pembelajaran membatik terdapat serangkaian proses identifikasi kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, sehingga proses dan hasil dari pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Saran peneliti adalah menambah waktu pembelajaran, mengontrol fasilitas sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, pelatihan membatik, kelompok walitis, pendidikan nonformal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:33
Last Modified: 05 Jan 2023 00:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54655

Actions (login required)

View Item View Item