IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) TUNAS MEKAR SEMARANG
Aeni Mafrohah, 1201417019 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) TUNAS MEKAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan salah satu bentuk dari pendidikan nonformal yang memberikan layanan kepada masyarakat yang tidak mendapatkan pendidikan formal dikarenakan putus sekolah maupun dikarenakan hal lainnya yang menyebabkan mereka tidak bersekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor pendorong dan penghambat pada pembelajaran program paket C di PKBM Tunas Mekar Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 1 informan yaitu pengelola PKBM dan subjek penelitian sebanyak 5 orang yaitu 2 tutor dan 3 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran program paket C di PKBM Tunas Mekar sudah terstruktur dan terorganisasi dengan baik. Perencanaan pembelajaran dilaksanakan dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar, materi pembelajaran dirancang dengan menyusun RPP dan silabus, menetapkan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran serta penetapan program belajar. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat Pukul 17.00 hingga 19.00 WIB, metode pembelajaran yang digunakan yaitu tutorial dan penugasan. Sumber belajar yang digunakan berupa modul, bahan ajar, dan mencari referensi dari internet sesuai dengan kurikulum. Media pembelajaran kurang memadai, sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran masih belum memadai. Evaluasi pembelajaran diselenggarakan dalam bentuk harian, bulanan, dan semesteran. Faktor pendorong pembelajaran Paket C di PKBM Tunas Mekar Semarang meliputi faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu adanya semangat yang tinggi dari peserta didik untuk mengikuti pembelajaran daring di tengah kesibukan bekerja dan tersedianya tutor yang berpengalaman dalam bidangnya sehingga mampu melaksanakan pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu adanya sumber belajar berupa e-modul yang bisa diakses peserta didik kapanpun dan dimanapun. Faktor penghambat pembelajaran Paket C di PKBM Tunas Mekar Semarang meliputi faktor internal dan eksternal, faktor internal berasal dari peserta didik yaitu ketidak disiplinan peserta didik dalam mengumpulkan tugas dan faktor eksternal meliputi sinyal yang buruk mengganggu proses pembelajaran dan sarana dan prasarana yang tidak memadai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran paket C di PKBM Tunas Mekar telah dirancang dan terlaksana dengan baik. Saran dalam penelitian ini diharapkan adanya perbaikan sarana dan prasarana serta media pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PKBM, Impementasi, Pembelajaran Paket C |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 00:28 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 00:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54654 |
Actions (login required)
View Item |