IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILLS BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI LKP VISION COLLEGE JATINGALEH
Marlinda Kusumaning Putri, 1201417006 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM LIFE SKILLS BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DI LKP VISION COLLEGE JATINGALEH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia belum dapat dikatakan maju karena jumlah wirausaha yang ada masih sedikit. LKP Vision College merupakan lembaga pendidikan yang ikut berkontribusi dalam pengembangan pesertanya terhadap kemajuan kewirausahaan. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan implementasi program life skills berbasis kewirausahaan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelatihan di LKP Vision College Jatingaleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi mengenai pelaksanaan program desain grafis berbasis kewirausahaan serta faktor pendukung dan penghambat yang diaalami. Melakukan wawancara kepada enam subjek dalam penelitian ini yaitu satu pengelola, dua instruktur, dan tiga peserta pelatihan. Dilengkapi dengan dokumentasi mengenai foto kegiatan pelatihan dan arsip pelatihan desain grafis berbasis kewirausahaan. menggunakan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program life skills megenai desain grafis ini sasarannya adalah disemua usia. Peserta mampu membuka peluang usaha baik desain maupun percetakan dari keahlian yang dimilikinya. Materi pelatihan sesuai kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Sarana prasarana lengkap namun kurang canggih, dan ruangan yang kurang memadai. Metode pelatihan menggunakan metode demonstrasi dan diskusi pendampingan. Evaluasi dilaksanakan hampir setiap hari baik instruktur dan peserta pelatihan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan ini yaitu instruktur yang kompeten, alat cetak yang bebas digunakan peserta, dan suasana pelatihan yang kondusif. Kemudian faktor penghambatnya adalah ruangan yang kurang memadai, alat lengkap namun kurang canggih, dan sering terjadinya pemadaman listrik. Simpulan penelitian ini adalah implementasi program life skills berbasis kewirausahaan yang diselenggarakan dengan metode demonstrasi dan diskusi pendampingan, sehingga peserta mampu mengembangkan keterampilannya dibidang desain untuk membuka peluang kewirausahaannya. Terdapat faktor pendukung dan penghambat pada pelatihan ini. Saran yang dapat diberikan yaitu agar lembaga dapat meningkatkan pendampingan usaha peserta dengan terjadwal seminggu sekali, untuk peserta perlu lebih aktif, berfikir maju, dan konsisten agar keinginan memulai usaha dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen program, life skills, kewirausahaan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 00:24 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 00:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54653 |
Actions (login required)
View Item |