PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI RA (RAUDHATUL ATHFAL) AMANAH YOSOREJO


Eva Rahmawati, 1201416023 (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI RA (RAUDHATUL ATHFAL) AMANAH YOSOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201416023 - Eva Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan sosial merupakan proses perolehan kemampuan dan kematangan perilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial melalui proses belajar secara langsung. Faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial antara lain pola asuh orang tua dan lingkungan keluarga. Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan bahwa sosial anak yang kurang stabil dan terkadang suka bertengkar dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia dini di RA Amanah Yosorejo, pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial anak usia dini di RA Amanah Yosorejo, menguji dan menganalisis besaran pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial anak usia dini di RA Amanah Yosorejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah wali murid siswa siswi RA Amanah Yosorejo sebanyak 83 Wali Murid dan di ambil 69 sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket menggunakan skala pengukuran Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistic inferensial uji regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) v.23 for window. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap perkembangan sosial dengan nilai t hitung sebesar 9,029 dan signifikansi 0,000 dan ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial dengan nilai t hitung sebesar 2,073 dan signifikansi 0,042 dan ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,042 < 0,05. Pola asuh orang tua dan lingkungan keluarga secara stimulan berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial dengan nilai F hitung sebesar 154,464 dan signifikansi 0,000. Simpulan dari penelitian ini adalah Pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial anak usia dini di RA Amanah Yosorejo, dengan persentse 77%. Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap perkembangan sosial anak usia dini di RA Amanah Yosorejo, dengan presentase 51%. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial dengan persentase 82%. Sedangkan 18 % lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas pada penelitian ini. Saran Bagi orang tua, disarankan mempraktikkan pengasuhan yang tepat kepada anak dengan mengasih arahan dan kebebasan anak dalam mengambil keputusan. Bagi lembaga, disarankan untuk lebih meningkatkan kominikasi dua arah dan kerjasama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Keluarga, Perkembangan Sosial AUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:06
Last Modified: 05 Jan 2023 00:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54650

Actions (login required)

View Item View Item