PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI MUKIRAN 04 KABUPATEN SEMARANG


Ratna Wijayanti, 1102418058 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ADAPTASI GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI MUKIRAN 04 KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102418058 - Ratna Wijayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang pengaruh Penggunaan E-learning terhadap Kemampuan Adaptasi Guru di SD Negeri Mukiran 04. Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang terbatas terutama pembelajaran di SD Negeri Mukiran 04 hal ini diperkuat dengan pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah tanya jawab dan penugasan tanpa ada referensi yang lengkap dan beragam yang disampaikan melalui aplikasi whatsapp dan interaksi antar guru dan siswa yang terbatas sehingga menyebabkan pembelajaran kurang efektif. Untuk menjawab hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan penerapan e-learning terhadap kemampuan adaptasi guru pada pembelajaran daring. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan elearning terhadap kemampuan adaptasi guru pada pembelajaran daring di SD Negeri Mukiran 04. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri Mukiran 04. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling sebanyak 10 guru. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah penggunaan e-learning dan variabel terikat (Y) kemampuan adaptasi guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket respon. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini membuktikan kemampuan penggunaan e-learning diperoleh rata-rata (8,1) melampaui KKM dan kemampuan adaptasi guru dalam kategori sangat tinggi dengan skor sebesar (74,2). Melalui analisis regresi sederhana hasil yang diperoleh koefisien X sebesar 0,101 dan konstanta sebesar 0,589 sedangkan uji signifikansi menunjukkan nilai Signifikansi atau p value 0.775. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan adaptasi guru di SD Negeri Mukiran 04

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan E-learning, Kemampuan Adaptasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:02
Last Modified: 05 Jan 2023 00:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54649

Actions (login required)

View Item View Item