PENGARUH IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MULTIMEDIA SMK 11 SEMARANG
Muslifah, 1102418054 (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MULTIMEDIA SMK 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh implementasi blended learning terhadap kemandirian belajar siswa Multimedia SMK 11 Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi pada sikap kemandirian belajar siswa yang masih kurang dalam proses pembelajaran di sekolah. Untuk menjawab hal tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan pada implementasi blended learning pada kelas XI Multimedia SMK 11 Semarang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi blended learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI multimedia SMK 11 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling sebanyak 52 siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah implementasi blended leaning dan variabel terikatnya (Y) kemandirian belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini membutikan implementasi blended learning dalam kategori baik (75%) dan kemandirian belajar siswa dalam kategori baik (78%). Melalui analisis regresi menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel (X) implementasi blended learning terhadap variabel (Y) kemandirian belajar siswa kelas XI Multimedia SMK 11 Semarang sebesar 65,9% dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI Multimedia SMK 11 Semarang. Jadi kemandirian belajar siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan blended learning berpengaruh positif dalam upaya peningkatan kemandirian belajar siswa melalui blended learning juga dikatakan dalam kategori baik. Saran untuk mempertahankan perilaku mandiri belajar pada siswa agar terus berkembang lebih baik lebih diperhatikan lagi dan dilatih dalam proses pembelajaran agar nantinya siswa terbiasa dan mampu mandiri dalam belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, implementasi, kemandirian belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 23:57 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 23:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54648 |
Actions (login required)
View Item |