PENGEMBANGAN APLIKASI ”NETIZEN” UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA MATERI KEWARGAAN DIGITAL BERBASIS MOBILE LEARNING KELAS X DI SMKN 11 SEMARANG


Diki Wahyudi, 1102418031 (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI ”NETIZEN” UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA MATERI KEWARGAAN DIGITAL BERBASIS MOBILE LEARNING KELAS X DI SMKN 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102418031 - Diki Wahyudi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SMKN 11 Semarang terdapat kendala yang dialami oleh siswa maupun guru, salah satunya adalah banyaknya praktik dan terbatasnya jam pelajaran mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (Simkomdig) membuat guru terpaksa mereduksi bahkan menghilangkan materi teoritis seperti kewargaan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis mobile learning untuk mendukung pembelajaran mandiri sebagai solusi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan awal dalam penelitian adalah menganalisis kebutuhan serta menyusun desain produk aplikasi yang kemudian akan dilakukan pengembangan aplikasi, setelah aplikasi selesai dilakukan implementasi dan evaluasi aplikasi yang telah jadi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah terciptanya aplikasi bernama Netizen berbasis mobile learning yang dapat mendukung pembelajaran mandiri. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai sebesar 84.67% dan 96.67% yang masuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan aplikasi Netizen layak untuk diproduksi. Hasil uji wilcoxon diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Netizen. Hasil uji efektifitas diperoleh gain score sebesar 0.7052 atau 70,52% yang masuk dalam kategori tinggi. Kesimpulannya adalah aplikasi Netizen berbasis mobile learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Simkomdig materi Kewargaan Digital di SMKN 11 Semarang. Hal yang baru dalam penelitian ini adalah konten materi pada aplikasi Netizen fokus pada materi kewargaan digital, selain itu pengembangan aplikasi juga cukup mudah yaitu menggunakan software powerpoint disertai software pendukung lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: android, kewargaan digital, mobile learning, pembelajaran mandiri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 23:51
Last Modified: 04 Jan 2023 23:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54647

Actions (login required)

View Item View Item