HUBUNGAN AKTIVITAS NUMERASI DAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN BERTEKNOLOGI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA


Seftia Kusumawardani, 1102418015 (2022) HUBUNGAN AKTIVITAS NUMERASI DAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN BERTEKNOLOGI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102418015 - Seftia Kusumawardani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran yang menyenangkan dengan pengintegrasian teknologi serta pemberian aktivitas numerasi memberikan pengaruh dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara aktivitas numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar, (2) mengetahui hubungan antara pembelajaran menyenangkan berteknologi dengan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar, (3) mengetahui hubungan antara aktivitas numerasi dengan pembelajaran menyenangkan berteknologi pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar, (4) mengetahui hubungan antara aktivitas numerasi dan pembelajaran menyenangkan berteknologi dengan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif degan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 53 siswa kelas IV sekolah dasar. Uji hipotesis menggunakan structural equation model (SEM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan postif dan signifikan antara aktivitas numerasi dengan kemampuan pemecahan siswa (2) terdapat hubungan positif antara aktivitas numerasi dengan pembelajaran menyenangkan berteknologi (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pembelajaran menyenangkan berteknologi dengan kemampuan pemecahan masalah (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas numerasi dan pembelajaran menyenangkan berteknologi dengan kemampuan pemecahan masalah siswa. Semakin rutin aktivitas numerasi dilakukan dan penggunaan pembelajaran yang menyenangkan dengan penerapan teknologi, maka semakin baik pula kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bermanfaat bagi proses pembelajaran di sekolah yang berkaitan dengan kajian-kajian mengenai pendekatan pembelajaran. Penelitian ini memberikan saran bagi guru agar mengembangkan aktivitas-aktivitas yang bermuatan numerasi serta pembelajaran yang menyenangkan dengan pengintegrasian teknologi. Sedangkan bagi kepala sekolah dapat mengembangkan kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan aktivitas numerasi di lingkungan sekolah melalui kegiatan yang menyenangkan. Sehingga aktivitas numerasi yang dilakukan siswa tidak sebatas pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas numerasi, pendekatan pembelajaran, pembelajaran menyenangkan berteknologi, kemampuan pemecahan masalah, sekolah dasar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:33
Last Modified: 04 Jan 2023 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54644

Actions (login required)

View Item View Item