PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 5 SD N DUKUHSETI 01


Muhammad Annas Hidayat, 1102418012 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 5 SD N DUKUHSETI 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102418012 - Muhammad Annas Hidayat.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 membuat pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang drastis diberbagai pendidikan. Semula pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka (luring) kemudian berubah menjadi secara dalam jaringan (daring). Hal ini berdampak pada motivasi belajar siswa kelas 5 di SD N Dukuhseti 01 yang secara otomotis juga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Perlunya penggunaan metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Penggunaan metode pembelajaran outing class menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan terkait dengan rendahnya motivasi belajar siswa kelas 5 di SD N Dukuhseti 01. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar dengan menggunakan metode pembelajaran outing class. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif desain penelitian pre-experimental design dengan model design One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dalam penelitain ini seluruh siswa kelas 5 SD N Dukuhseti 01 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket tanggapan siswa tentang motivasi belajar, tes hasil jawaban siswa untuk memperoleh prestasi belajar. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen lembar angket motivasi belajar dan soal tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, uni linearitas dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar melalui metode pembelajaran outing class, 2) Besarnya presentase pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,706 atau 70, 6% dapat diartikan variabel motivasi belajar memberikan pengaruh sebesar 70,6&% terhadap variabel prestasi belajar sedangkan sisanya sebesar 29,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran Outing Class, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:21
Last Modified: 04 Jan 2023 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54642

Actions (login required)

View Item View Item