KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL SCAFFOLDED WRITING BERBANTUAN MEDIA KONTEN TIKTOK PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP


Wisnu Alfatih, 2101418057 (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL SCAFFOLDED WRITING BERBANTUAN MEDIA KONTEN TIKTOK PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418057 - Wisnu Alfatih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan berbahasa seperti menyimak, berbicara, membaca, menulis. Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut hendaknya mampu dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan menyajikan teks secara tulis adalah kompetensi dasar pada aspek keterampilan di kurikulum 2013 revisi. Motivasi peserta didik dalam melakukan tahapan menulis teks tanggapan sangat dipengaruhi oleh proses pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik diperlukan adanya inovasi pembelajaran yang menarik. Salah satunya dengan memanfaatkan model dan media pembelajaran yang tepat. Dari model dan media pembelajaran yang tepat tersebut, salah satunya model Think Pair Share dan Scaffolded Writing yang dikombinasikan dengan media konten TikTok. Berdasarkan uraian di atas penelitian ini mengkaji tiga masalah, yaitu: (1) Bagaimana keefektifan model Think Pair Share dalam pembelajaran menulis teks tanggapan berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX SMP, (2) Bagaimana keefektifan Scaffolded Writing dalam pembelajaran menulis teks tanggapan berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX SMP, (3) Model manakah yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks tanggapan antara model Think Pair Share dan Scaffolded Writing berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX SMP. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsiskan keefektifan pembelajaran menulis teks tanggapan dengan model Think Pair Share berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX SMP, (2) Mendeskripsiskan keefektifan pembelajaran menulis teks tanggapan dengan model Scaffolded Writing berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX SMP, (3) Mendeskripsikan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis teks tanggapan antara model Think Pair Share dan Scaffolded Writing berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi atau nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Karangawen dengan kelas IX A sebagai kelas eksperimen 1 (model Think Pair Share) dan IX B sebagai kelas eksperimen 2 (model Scaffolded Writing). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pembelajaran menulis teks tanggapan meggunakan model Think Pair Share berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX efektif. Terdapat perbedaan rerata antara pretest dan posttest kelas eksperimen 1. Hasil signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Pembelajaran menulis teks tanggapan meggunakan model Scaffolded vi Writing berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX efektif. Terdapat perbedaan rerata antara pretest dan posttest kelas eksperimen 1. Hasil signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Pembelajaran menulis teks tanggapan meggunakan model Think Pair Share berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis teks tanggapan meggunakan model Scaffolded Writing berbantuan media konten TikTok pada peserta didik kelas IX. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda rata-rata diketahui sig (2-tailed) adalah 0,025 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini guru bahasa Indonesia hendaknya mengaplikasikan model Think Pair Share sebagai salah satu bentuk inovasi dalam pembelajaran menulis teks tanggapan karena teruji keefektifannya. Peneliti lain dapat mempergunakan hasil penelitian ini untuk referensi dan bisa dikaji lebih lanjut guna mengetahui kebaruan dalam pembelajaran menyajikan teks tanggapan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks tanggapan, model think pair share, model scaffolded writing, TikTok.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:05
Last Modified: 04 Jan 2023 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54639

Actions (login required)

View Item View Item