PENGARUH PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK BINA NUSANTARA UNGARAN


Puriwanti, 3101418024 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK BINA NUSANTARA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101418024 - Puriwanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan data bahwa pembelajaran sejarah disekolah memiliki kendala berupa rendahnya motivasi belajar siswa yang dipengaruhi beberapa faktor salah satunya aplikasi pembelajaran yang digunakan. Aplikasi pembelajaran merupakan komponen penting yang memiliki peran untuk membangkitkan minat atau selera belajar yang disebut motivasi belajar. Sehingga peneliti menggunakan aplikasi Edmodo pada pembelajaran sejarah untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan Penelitian: (1) Untuk menjelaskan gambaran setelah penggunaan Learning Management System (LMS) Edmodo dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMK Bina Nusantara Ungaran. (2) Untuk menjelaskan gambaran motivasi belajar siswa setelah menggunakan Learning Management System (LMS) Edmodo pada pembelajaran sejarah kelas X di SMK Bina Nusantara Ungaran. (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan Learning Management System (LMS) Edmodo terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas X di SMK Bina Nusantara Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran angket, angket, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan analisis data berupa Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil perhitungan persentase angket aplikasi Edmodo hasil rata-rata sangat setuju dan setuju sebesar 96,7%, lalu tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 3,3%. Serta, pada indikator yang memiliki pernyataan positif menunjukkan persentase sangat setuju dan setuju sebesar 97, 9%, lalu tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 2,1%. Pernyataan negatif menunjukkan persentase tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 82%, lalu sangat setuju dan setuju sebesar 18%. (2) Hasil perhitungan persentase angket motivasi belajar memiliki hasil rata-rata sangat setuju dan setuju sebesar 99,06%, lalu tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 0, 94%. Serta, pernyataan positif menunjukkan presentase sangat setuju dan setuju sebesar 98, 3%, lalu tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 1,7%. Pernyataan negatif menunjukkan persentase tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 61%, lalu sangat setuju dan setuju sebesar 39%. (3) Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan koefisien determinasi yaitu nilai R Square sebesar 0, 501= 50, 1%. Serta, Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Uji t yaitu 6.876> 1, 175. Berdasarkan keterangan tersebut dalam kriteria pengujian hipotesis, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, adanya pengaruh yang nyata (signifikan) variabel aplikasi Edmodo (X) terhadap variabel motivasi belajar (Y).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Aplikasi Edmodo, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 06:40
Last Modified: 04 Jan 2023 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54635

Actions (login required)

View Item View Item