KELAYAKAN WACANA DALAM RUBRIK OPINI SUARAMERDEKA.COM SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP
Sri Asih, 2101418039 (2022) KELAYAKAN WACANA DALAM RUBRIK OPINI SUARAMERDEKA.COM SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Media massa menjadi sarana komunikasi yang digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Perkembangan teknologi ini dapat dijadikan sarana bagi pendidik dalam memperoleh sumber belajar yang inovatif. Media massa daring tidak hanya menyediakan portal berita saja, namun juga tersedia rubrik opini yang menyediakan wacana eksposisi. Wacana eksposisi mudah ditemui dalam setiap media massa daring, salah satunya dalam Suaramerdeka.com. Pemilihan media massa daring Suaramerdeka.com sebagai sumber penelitian analisis kelayakan wacana sebagai alternatif sumber belajar, karena Suaramerdeka.com menyajikan wacana dengan berbagai macam tema pada setiap edisinya. Wacana dalam Suaramerdeka.com menyajikan isu terkini yang mudah diakses oleh guru maupun siswa. Wacana eksposisi dalam Suaramerdeka.com dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan kesesuaian wacana pada rubrik opini suaramerdeka.com dengan materi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP, (2) mendeskripsikan kelayakan wacana pada rubrik opini suaramerdeka.com sebagai alternatif sumber belajar menyusun teks eksposisi siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Peneliti menggunakan kartu data untuk mencatat kutipan-kutipan pada wacana eksposisi dalam Suaramerdeka.com yang telah dipilih yang diduga terdapat kesesuaian materi dengan teks eksposisi dan kesesuaian dengan kriteria pemilihan sumber belajar. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan simak catat. Dalam penelitian ini terdapat proses analisis data. Dalam analisis data terdapat tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, pertama, terdapat sebelas dari lima belas wacana dalam Suaramerdeka.com yang memiliki kesesuaian dengan materi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP. Kedua, terdapat sebelas wacana dalam Suaramerdeka.com yang layak dijadikan sebagai alternatif sumber belajar menulis teks eksposisi. Wacana tersebut yaitu, 1) Mengoptimalkan Infrastruktur di Jawa Tengah untuk UMKM, 2) PON 20 Papua Membuka Mata, Telinga dan Hati, 3) Negara Hadir Versus Pinjol illegal, 4) Kursusan Online; Sebuah Revolusi Edupreneurship di Masa Pandemi Covid-19, Siapa yang Diuntungkan?, 5) Tembang Pagebluk Menyulap Bagong Menjadi Konten Kreator, 6) Memanfaatkan Aplikasi TikTok untuk Mengajar Bahasa Inggris, 7) Memaksimalkan Eceng Gondok Sebagai Komoditi Penting Rawa Penin, 8) Di Balik Meroketnya Harga Minyak Goreng, 9) Peran Ibu dalam Penguatan Literasi Digital, 10) Peran Teknologi dalam Peningkatan Tata Kelola Perhutanan Sosial, 11) Negeri-Negeri Ambon Manise untuk Indonesia. Sedangkan wacana yang tidak layak dijadikan sebagai sumber belajar, yaitu, 1) Pangan dan Telur Ayam, 2) Kebijakan Publik viii Versus PCR dan Antigen, 3) Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru, Adilkah bagi Siswa?, 4) Maraknya Pelecehan Seksual di Indonesia, Pendidikan Karakter Gagal?. Saran dalam penelitian ini yaitu, bagi guru diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman dan contoh dalam pemilihan sumber belajar. Bagi siswa diharapkan dapat membaca wacana eksposisi dalam media massa daring Suaramerdeka.com sebagai alternatif sumber belajar yang baru. Bagi peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber referensi peneliti lain yang meneliti wacana pada media massa untuk dijadikan sebagai alernatif sumber belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | wacana, sumber belajar, teks eksposisi |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 06:33 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 06:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54634 |
Actions (login required)
View Item |