KELAYAKAN CERPEN PADA LAMAN CERPENMU.COM SEBAGAI SUPLEMEN MATERI AJAR TEKS CERPEN SISWA SMA


Rahma Dewi Utami, 2101418038 (2022) KELAYAKAN CERPEN PADA LAMAN CERPENMU.COM SEBAGAI SUPLEMEN MATERI AJAR TEKS CERPEN SISWA SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418038 - Rahma Dewi Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran cerita pendek di jenjang SMA pada umumnya bersumber dari buku paket dan juga beberapa referensi lainnya. Perlu adanya sebuah tambahan suplemen ajar sebagai pembaharuan referensi pembelajaran materi teks cerita pendek. Penelitian ini dilakukan guna membantu pendidik dalam mencari referensi. Sesuai kompetensi inti yang ada dalam kurikulum 2013, peneliti akan mengambil beberapa sempel cerpen dari periode tahun 2021 dari laman Cerpenmu.com yang bergenre persahabatan, genre tersebut dirasa cocok untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar teks cerita pendek siswa jenjang SMA. Pemilihan suplemen ajar dari laman Cerpenmu.com tersebut juga sejalan dengan yang disampaikan oleh Kemdikbud yakni Sistem belajar daring harus mengacu prinsip mudah, murah, dan bisa dilakukan oleh siswa seperti laporan kegiatan sehari-hari di rumah. Sehingga pembelajaran itu tidak kemudian membebani siswa atau otang tua. Oleh karena itu, selain untuk suplemen ajar penggunaan laman Cerpenmu.com juga diharapkan mampu meningkatkan semangat membaca, menguasai dan menuangkan ide serta pikiran peserta didik dalam sebuah tulisan cerita pendek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membantu pendidik dalam memilih suplemen materi ajar teks cerpen yang cocok bagi peserta didik tingkat SMA. Suplemen ajar ini dimaksudkan peneliti untuk menguatkan dan mengembangkan ketrampilan peserta didik dalam memahami cerita pendek sehingga dapat menciptakan cerita pendek yang tepat dan sesuai kaidahnya. Suplemen materi ajar adalah bahan ajar yang dimaksudkan untuk memperkaya, menambah, ataupun memperdalam suatu teori pembelajaran. Bahan materi suplemen yang dimaksudkan adalah suplemen materi ajar yang menjadi pendamping dari bahan ajar pokok yang telah diterbitkan oleh pemerintah. Langkah untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu peneliti akan menganalisis kebutuhan peserta didik yang datanya didapatkan dari berita dan artikel, analisis unsur pembangun cerpen yang telah dipilih dan menganalisis kelayakan cerpen yang telah dipilih sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif. Hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk deskriptif. Data yang dikumpulkan, dianalisis, dan dikaji dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Data kualitatif yang dimaksud dari penelitian ini, yaitu berupa analisis unsur pembangun dari cerpen yang telah dipilih oleh peneliti pada laman Cerpenmu.com sehingga dapat dikatakan layak digunakan sebagai suplemen materi ajar menulis teks cerita pendek. Selain itu, data dari penelitian ini juga berupa kelayakan cerpen yang didapatkan dari analisis aspek bahasa, aspek psikologi, dan aspek latar belakang budaya. Data yang didapatkan dari hasil penelitian kemudian akan dijelaskan secara deskriptif. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini meliputi 2 hal, pertama unsur pembangun yang ada dalam cerpen yang meliputi fakta-fakta ix cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi). Masing-masing bagian unsur pembangun tersebut ada yang ditampilkan secara tersirat maupun tersurat. Cerpen yang digunakan sebagai objek penelitian memiliki unsur pembangun yang jelas dan memudahkan peserta didik dalam memahai. Kedua, kelayakan cerpen pada laman Cerpenmu.com yang terdiri atas tiga aspek yakni, aspek kebahasaan dimana setiap cerpen yang dijadikan objek penelitian memiliki kebahasaan yang sesuai dengan kebahasaan peserta didik. Cerpen yang dijadikan objek penelitian memiliki aspek psikologi yang sesuai dengan psikologi peserta didik sehingga cerpen ini dapat dijadikan contoh dan pembelajaran bagi peserta didik. Aspek latar belakang budaya dalam cerpen ini berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Nilai-nilai yang terdapat dalam aspek ini yakni nilai sosial, moral, dan religi yang dapat dijadikan pembelajaran bagi peserta didik. Saran peneliti dalam penelitian ini yaitu, pendidik diharapkan dapat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan menganalisis, dan kemampuan menuangkan pikirannya melalui tulisan peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran materi teks cerita pendek dan dapat memanfaatkan laman Cerpenmu.com sebagai suplemen materi ajar. Bagi peneliti lain penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber rujukan atau referensi untuk penulisan penelitian berikutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Cerpen, Laman Cerpenmu.com, Suplemen Ajar, Teks Cerpen, Unsur Pembangun Teks Cerpen
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:26
Last Modified: 04 Jan 2023 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54631

Actions (login required)

View Item View Item