KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP POHON JARINGAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI


Sitta Purnama Siwi, 2101418027 (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP POHON JARINGAN PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418027 - Sitta Purnama Siwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan kurikulum. Kurikulum 2013 dalam revisi standar kompetensinya, memuat pengetahuan dan keterampilan dengan berbagai jenis teks. Salah satu teks yang termasuk dalam kompetensi yang harus dicapai oleh pesera didik SMP kelas VIII ialah teks drama. Buku pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017), Kompetensi Dasar (KD) 4.16, perserta didik menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah. Berdasarkan KD tersebut, peserta didik dituntut untuk mengembangkan kreatifitasnya dan mampu menulis atau memproduksi naskah drama. Berdasarkan observasi di sekolah, guru masih melakukan proses pembelajaran secara konvensional. Hal itu mengakibatkan dalam kemampuan menulis teks drama menjadi rendah. Agar dapat mencapai kompetensi tersebut, diperlukan inovasi pemilihan media pembelajaran yang tepat agar tecapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu, peneliti melakukan pecobaan pembelajaran menulis teks drama dengan mediapeta konseppohon jaringan dan tanpa media pada peserta didik SMP Negeri 2 Karanggede Kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks drama dengan media peta konsep pohon jaringan pada peserta didik SMP Negeri 2 Karanggede Kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Karanggede. Sampel penelitian diambil dari kelas VIII C dan VIII D. Variabel penelitian, yaitu variabel bebas berupa penerapan media peta konsep pohon jaringan, variabel terikat berupa keterampilan menulis teks drama. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa hasil keterampilan menulis teks drama, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks drama dengan media peta konsep pohon jaringan dinyatakan efektif. Hal itu dibuktikan dengan analisis data rata-rata nilai pretes sebesar 33,12 dan rata-rata nilai postes sebesar 37,42. Adapun hasil uji-t memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima jika nilai sig. < 0,05 pada output uji paired sampel t test menggunakan signifikansi 5%. Selanjutnya pembelajaran menulis teks drama tanpa media peta konsep pohon jaringan dinyatakan efektif. Hal itu dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata nilai pretes sebesar 33,50 dan rata�rata nilai postes sebesar 34,77. Adapun hasil uji-t memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 makaHo ditolak Ha diterima jika nilai sig. < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (media peta konsep pohon jaringan) dan ix kelompok kontrol tanpa (media peta konsep pohon jaringan) dalam pembelajaran menulis teks drama. Hal itu dibuktikan dengan rata-rata nilai postes media peta konsep pohon jaringan sebesar 37,42 dan tanpa media sebesar 34,77. Adapun hasil uji independent t test yang menunjukkan sebesar 4,196 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media peta konsep pohon jaringan lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama dibandingkan tanpa menggunakan media peta konsep pohon jaringan. Saran yang diberikan peneliti ditujukan kepada beberapa pihak, khususnya bagi guru Bahasa Indonesia dan peneliti lain. Bagi guru Bahasa Indonesia, hendaknya dapat menerapkan media peta konsep pohon jaringan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks drama. Bagi peneliti lain, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi atau perbandingan antara media peta konsep pohon jaringan dengan media kartu naskah, maupun dengan media yang lain sebagai bahan kajian lebih lanjut untuk mengetahui kebaruan dalam menerapkan media untuk pembelajaran menulis teks drama

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks drama; media peta konsep; pohon jaringan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:17
Last Modified: 04 Jan 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54625

Actions (login required)

View Item View Item