EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT (CIPP) DI SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif di SD Negeri 1 Jaraksari Wonosobo)


Nanda Meilania, 1102418001 (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT (CIPP) DI SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif di SD Negeri 1 Jaraksari Wonosobo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102418001 - Nanda Meilania.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada penilaian autentik guru harus memastikan bahwa kompetensi siswa diukur dengan standar yang tepat agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Namun, kondisi di lapangan belum memenuhi ekspektasi yang diharapkan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dasar persiapan penilaian autentik, sumber daya pendukung, pelaksanaan penilaian autentik, dan pencapaian kompetensi siswa sebagai hasil penilaian autentik di SD Negeri 1 Jaraksari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I-VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut akan di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya relevansi antara tujuan penilaian autentik dengan tujuan SD Negeri 1 Jaraksari; 2) guru sudah merencanakan penilaian pengetahuan dan keterampilan dengan baik namun perlu peningkatan pada perencanaan kompetensi sikap; 3) guru sudah melakukan aktivitas penilaian sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya meskipun belum optimal karena banyaknya siswa dan komponen yang harus dinilai; 4) hasil belajar yang terdiri dari tiga aspek, yakni afektif, kognitif, dan psikomotorik sudah semuanya dimiliki oleh siswa. Secara umum, penilaian autentik di SD Negeri 1 Jaraksari sudah terlaksana meskipun belum optimal karena diwarnai berbagai kendala. Maka dari itu, sekolah perlu mengadakan pelatihan internal yang aplikatif untuk meningkatkan pemahaman guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, penilaian autentik, model CIPP.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:53
Last Modified: 04 Jan 2023 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54622

Actions (login required)

View Item View Item