Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Materi Teks Negosiasi untuk Pembelajaran Mandiri Peserta Didik Paket C di PKBM Taman Dewanta Ngablak Magelang


Fitri Hidayatun, 1102417055 (2022) Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Materi Teks Negosiasi untuk Pembelajaran Mandiri Peserta Didik Paket C di PKBM Taman Dewanta Ngablak Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102417055 - Fitri Hidayatun.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu komunikasi antara pendidik dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan di PKBM Taman Dewanta Ngablak Magelang terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran terutama pada materi Teks Negosiasi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penggunaan metode pembelajaran konvensional, keterbatasan media pembelajaran yang digunakan peserta didik dalam proses pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan pengembangan, bagaimana pengembangan, dan seberapa efektif penerapannya modul elektronik interaktif pada pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Negosiasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahapan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan informasi dan menganalisis kebutuhan, perencanaan dan mengembangkan instrumen, merancang dan membuat modul elektronik, penerapan media modul elektronik, melakukan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi media oleh ahli media dan ahli materi, media modul elektronik interaktif materi Teks Negosiasi layak di produksi dengen kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh hasil bahwa Ho ditolak, dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar pretest dan posttest kelas X Paket C PKBM Taman Dewanta Ngablak Magelang. Dapat disimpulkan bahwa media modul elektronik interaktif materi Teks Negosiasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Saran yang disampaikan berdasarkan penelitian ini adalah (1) penggunaan media pembelajaran modul elektronik interaktif dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Negosiasi sebagai upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik; (2) perlunya tutor untuk mempersiapkan pembelajaran yang menarik sesuai dengan taraf perkembangan kognitif peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Pembelajaran Mandiri, Pengembangan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:31
Last Modified: 04 Jan 2023 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54619

Actions (login required)

View Item View Item