ANALISIS KELAYAKAN DAN NILAI HUMANIS DALAM ANTOLOGI MACAN: CERPEN PILIHAN KOMPAS 2020 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERPEN BAGI PESERTA DIDIK SMA


Isnaini Rahmah Hidayah, 2101418021 (2022) ANALISIS KELAYAKAN DAN NILAI HUMANIS DALAM ANTOLOGI MACAN: CERPEN PILIHAN KOMPAS 2020 SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERPEN BAGI PESERTA DIDIK SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418021 - Isnaini Rahmah Hidayah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Banyak ditemukan ketidaksesuaian dalam bahan ajar materi teks cerpen, ketidaksesuaian tersebut meliputi kebahasaan, tema cerita dengan usia peserta didik, ketersediaan bahan ajar teks cerpen masih terbatas, dan bahan ajar teks cerpen yang masih belum berfokus pada ranah sikap pendidikan karakter. Kemudian banyak ditemukan peserta didik melakukan tindakan kurang baik seperti menghina dan tidak menghargai teman, dikarenakan ranah sikap pendidikan dalam bahan ajar yang kurang. Permasalahan-permasalahan tersebut diidentifikasi menjadi dua permasalahan utama, yaitu permasalahan bahan ajar materi teks cerpen dan permasalahan kurangnya penanaman nilai pendidikan karakter. Solusi alternatif dari permasalahan tersebut adalah melalui sarana pembelajaran materi sastra. Materi sastra merupakan salah satu materi ajar yang dapat dimuati nilai-nilai karakter. Materi sastra dapat disampaikan melalui bahan ajar, bahan ajar yang digunakan harus memiliki kelayakan yang baik dari aspek isi/materi dan bahasa. Melalui materi sastra, dapat dimuati nilai humanis sebagai bentuk pendidikan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kelayakan buku antologi Macan: Pilihan Kompas 2020 sebagai bahan ajar untuk pembelajaran teks cerpen; (2) mendeskripsikan kandungan nilai-nilai humanis yang terkandung dalam buku antologi Macan: Pilihan Kompas 2020 sebagai bahan ajar untuk pembelajaran teks cerpen; dan (3) mendeskripsikan relevansi antologi Macan: Pilihan Kompas 2020 sebagai bahan ajar untuk pembelajaran teks cerpen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Adapun sumber data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, paragraf, dan kutipan dialog dalam buku antologi Macan: Pilihan Kompas 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu, teknik observasi, teknik simak catat, dan teknik dokumentasi. Hasil analisis data dipaparkan dengan tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Analisis Kelayakan dan Nilai Humanis dalam Antologi Macan: Cerpen Pilihan Kompas 2020 sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Cerpen bagi Peserta Didik SMA menunjukkan (1) dalam 17 cerpen yang terkandung dalam buku antologi Macan: Pilihan Kompas 2020, hanya terdapat 4 cerpen yang memenuhi kategori layak secara keseluruhan dari kelayakan aspek isi/materi dan bahasa; (2) dalam 17 cerpen yang terkandung dalam buku antologi Macan: Pilihan Kompas 2020, hanya terdapat 4 cerpen yang memenuhi kategori layak dari kandungan nilai humanis di dalamnya, dengan total keseluruhan nilai humanis berjumlah 49 nilai; (3) dalam 17 cerpen yang terkandung dalam buku antologi Macan: Pilihan Kompas 2020, hanya terdapat 4 cerpen yang memenuhi ix kategori layak secara keseluruhan dari kelayakan aspek isi/materi, bahasa, dan memiliki kandungan nilai humanis. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan terdapat 4 cerpen yang memiliki kelayakan yang baik dari aspek isi/materi dan bahasa. Kemudian, terdapat 14 cerpen yang memiliki kandungan nilai humanis. Secara keseluruhan, terdapat 4 cerpen yang memiliki kelayakan yang baik dari aspek isi/materi, bahasa, dan nilai humanis. Kemudian, saran dalam penelitian ini yaitu 4 judul cerpen yang memenuhi keseluruhan kelayakan aspek bahan ajar dan nilai humanis yang terkandung dalam Antologi Macan: Cerpen Pilihan Kompas 2020 dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks cerpen

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Nilai Humanis, Cerpen, Kompas, Bahan Ajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:25
Last Modified: 04 Jan 2023 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54616

Actions (login required)

View Item View Item