KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) DAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL BERTEMAKAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VII
Nur Hafilah, 2101418017 (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC) DAN JIGSAW BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL BERTEMAKAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilaksanakan atas dasar kurang optimalnya pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi di kelas, siswa cenderung melaporkan objek observasi dengan informasi monoton serta hasil tulisan yang kurang sesuai dengan kaidah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) berbantuan media audiovisual bertemakan lingkungan sekitar pada siswa kelas VII, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw berbantuan media audiovisual bertemakan lingkungan sekitar pada siswa kelas VII, (3) mengetahui yang lebih efektif saat pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi antara model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) dan Jigsaw berbantuan media audiovisual bertemakan lingkungan sekitar pada siswa kelas VII. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian berupa quasi experimental design berbentuk nonequivalent control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) berbantuan media audiovisual bertemakan lingkungan sekitar pada siswa kelas VII terbukti efektif; (2) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model Jigsaw berbantuan media audiovisual bertemakan lingkungan sekitar pada siswa kelas VII terbukti efektif; (3) model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) lebih efektif diterapkan pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dibanding model Jigsaw yang diterapkan pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan nilai sig (2-tailed) 0,003 < 0,05 yang berarti Ho ditolak Ha diterima serta perolehan rata-rata nilai sebesar 80,85>76,45. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi serta sebagai bahan kajian bagi peneliti selanjutnya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic), Jigsaw, pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 02:06 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 02:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54615 |
Actions (login required)
View Item |