Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kemampuan Mengajar Guru IPS Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri Se-kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2008/2009.
Isti Widodo, 2009 (2009) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kemampuan Mengajar Guru IPS Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri Se-kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kemampuan Mengajar Guru IPS Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri Se-kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2008/2009.)
- Published Version
Download (79kB) | Preview |
Abstract
Isti Widodo. 2009. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kemampuan Mengajar Guru IPS Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri Se-kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung Tahun 2008/2009. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Kemampuan Mengajar, Hasil Belajar Prestasi belajar merupakan impian setiap manusia yang sedang dalam tahap belajar. Prestasi belajar dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar seorang guru. Untuk dapat mengetahui latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar guru IPS sejarah di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung maka diperlukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pengaruh latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar guru IPS sejarah terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung tahun 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana latar belakang pendidikan guru IPS sejarah di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung, bagaimana kemampuan mengajar guru IPS sejarah di SMP Negeri se-kecamatan Temanggung kabupaten Temanggung Bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar guru IPS sejarah terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung tahun 2008/2009. Penelitian ini merupakan Penelitian yang bersifat kuantitatif dengan desain penelitian melalui pendekatan ex post facto. Peneliti tidak melakukan suatu perlakuan apapun pada subjek, peneliti hanya hanya mengungkap respon yang dimiliki subjek penelitian yang berhubungan dengan pengaruh latar belakang penidikan dan kemampuan mengajar guru IPS sejarah terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS sejarah di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung yang berjumlah 13 guru. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah latar belakang pendidikan, kemampuan mengajar guru IPS sejarah dan hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah. Data yang diambil melalui kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Diskriftif Presentase. Hasil analisis data penelitian menunjukkan latar belakang pendidikan guru IPS sejarah di SMP Negeri se-kecamatan Temanggung kabupaten Temanggung secara garis besar menunjukan dalam kriteria sedang, itu terbukti dari 13 guru terdapat 9 guru atau sebesar 69,2% dalam kategori rendah, 3 guru atau 23,1% dalam kategori tinggi, dan hanya 1 orang guru atau 7,7% dalam kategori sangat rendah. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengajar guru IPS sejarah di SMP Negeri se-kecamatan Temanggung kabupaten Temanggung secara garis besar menunjukan dalam kriteria sangat tinggi, itu terbukti dari 13 guru terdapat 10 guru atau sebesar 76,9% dalam kategori sangat tinggi, 3 guru atau 23,1% dalam kategori tinggi, dan tidak ada guru yang termasuk dalam kategori rendah dan sangat rendah. Hasil analisis data ternyata menerima hipotesis yang menyatakan latar belakang pendidikan berpengaruh tehadap hasil belajar siswa. Hasil analisis tersebut menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat latar belakang pendidikan guru IPS sejarah maka akan semakin tinggi pula tingkat hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada tingkat variabel ini sebesar 3.205 dengan sumbangan parsial sebesar 50.68%. Artinya, tinggi rendahnya latar belakang pendidikan guru IPS sejarah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data ternyata menerima hipotesis yang menyatakan kemampuan mengajar berpengaruh tehadap hasil belajar siswa. Hasil analisis tersebut menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat kemampuan mengajar guru IPS sejarah maka akan semakin tinggi pula tingkat hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada tingkat input variabel ini sebesar 3.018 dengan sumbangan parsial sebesar 47.67%. Artinya, tinggi rendahnya latar belakang pendidikan guru IPS sejarah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data di atas maka dapat diartikan bahwa latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar guru IPS sejarah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = a + b1X1 + b2X2, Ŷ = -11.585 + 0.464 X1 + 0.625 X2 dari masing-masing besarnya sumbangan X1 dan X2 pada Y dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar terhadap hasil belajar. Artinya jika variabel latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar guru ditingkatkan maka akan diikuti dengan meningkatnya hasil belajar, sebaliknya jika variable latar belakang pendidikan dan kemampuan mengajar guru menurun maka akan diikuti dengan menurunnya hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Latar Belakang Pendidikan, Kemampuan Mengajar, Hasil Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 02:09 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 02:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5461 |
Actions (login required)
View Item |