Self-Regulated Learning Memoderasi Pengaruh Media Sosial, Ekstrakurikuler, Dan Teman Sebaya Terhadap Prokastinasi Akademik


Susi Yaningsih, - and Fachrurrozie, FE Akuntansi (2018) Self-Regulated Learning Memoderasi Pengaruh Media Sosial, Ekstrakurikuler, Dan Teman Sebaya Terhadap Prokastinasi Akademik. Economic Education Analysis Journal, 7 (3). ISSN 2252-6544

[thumbnail of Self-regulated learning memoderasi pengaruh media sosial, ekstrakurikuler, dan teman sebaya.pdf] PDF - Published Version
Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teori dan studi kasus intensitas penggunaan media sosial, keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler, lingkungan teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik serta untuk menguji variabel self-regulated learning sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Purwokerto, SMK Negeri 1 Banyumas dan SMK Negeri Kebasen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan proportional sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode SEM Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas penggunaan media sosial (22,3%) dan keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler (33,7%) berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik (2) lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik (3) self regulated learning tidak memoderasi hubungan intensitas penggunaan media sosial, keaktifan siswa dalam ekstrakurikuler dan prokrastinasi akademik (5) self-regulated learning memoderasi hubungan lingkungan teman sebaya dan prokrastinasi akademik (6) self-regulated learning berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik (36,3%). Siswa disarankan untuk mengurangi kebiasaan menunda baik kegiatan akademik maupun diluar akademik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Academic Procratination, Extracurricular, Peer environment, Self�Regulated Learning, Social Media
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:14
Last Modified: 03 Jan 2023 08:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54602

Actions (login required)

View Item View Item