Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Perencanaan Karir terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi


Nurhalimatusy Sya'diyah, - and Fachrurrozie, FE Akuntansi (2020) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Perencanaan Karir terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Economic Education Analysis Journal, 9 (2). pp. 601-614. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Perencanaan Karir terhadap Minat.pdf] PDF - Published Version
Download (253kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya dan perencanan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Slawi dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi tahun 2017/2018. Populasi dalam peneli�tian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan akuntansi sebanyak 125 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 125 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kue�sioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil pe�nelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar sebesar (38,3%) dan perencanaan karir tehadap motivasi belajar sebesar (41,6%). Pada motivasi be�lajar berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan sebesar (25,8%), perencanaan karir terhadap mi�nat melanjutkan pendidikan sebesar (78%). Lingkungan teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat melanjutkan sebesar (-33,8%). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat memediasi pengaruh lingkungan teman sebaya dan perencanaan karir terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan taraf signifikansi sebesar (0,044) dan (0,025). Simpulan penelitian ini adalah lingkungan teman sebaya dan perencanaan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui motivasi belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Career Planning, Interest to Continuing Education, Motivation to Learn, Peer Environment
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:11
Last Modified: 03 Jan 2023 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54601

Actions (login required)

View Item View Item