ANALISIS TEKS CERAMAH KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG BERDASARKAN STRUKTUR, ISI, DAN KAIDAH KEBAHASAAN


Ahmad Fata Ilahi, 2101417097 (2022) ANALISIS TEKS CERAMAH KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG BERDASARKAN STRUKTUR, ISI, DAN KAIDAH KEBAHASAAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101417097 - Ahmad Fata Ilahi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teks adalah satuan bilingual yang dimediakan secara lisan maupun tulisan dengan tata tertentu dan makna secara kontekstual (Kemendikbud, 2013). Pembelajaran berbasis teks harapannya dapat membentuk sikap religius, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah khususnya dalam pembelajaran berbasis tekssiswa perlu memahami dan menguasai struktur, isi, dan kaidah di dalam sebuah teks, khususnya dalam teks ceramah. Keterkaitan struktur, isi, dan kaidah kebahasaan dalam penulisan teks ceramah juga harus tepat dan sesuai. Tujuannya ialah ketika teks tersebut disusun dengan baik, teks ceramah bisa disampaikan dengan tepat sesuai dengan susunan struktur, isi, dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini menggunakan teks ceramah karya peserta didik sebagai bahan penelitian karena sudah melalui pertimbangan yang matang terkait dengan kesalahan struktur, isi, dan kaidah kebahasaan dalam teks ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teks ceramah karya peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang berdasarkan struktur, isi, dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini menjelaskan tentang kesesuaian teks ceramah karya peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang berdasarkan struktur, isi, dan kaidah kebahasaan yang ada di dalam teks ceramah. Hasil penelitian ini adalah (1) Teks ceramah karya peserta didik yang sesuai dengan struktur teks ceramah berjumlah 15, dan ditemukan 8 teks ceramah yang kurang sesuai dengan struktur teks ceramah, (2) Teks ceramah karya peserta didik yang sesuai dengan isi teks ceramah berjumlah 23, dan ditemukan 1 teks ceramah yang kurang sesuai dengan isi teks ceramah, (3) Teks ceramah karya peserta didik yang sesuai dengan kaidah kebahasaan berjumlah 24 teks ceramah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pembelajaran teks ceramah Bahasa Indonesia, dan dapat dimanfaatkan lebih lanjut sebagai bahan acuan penelitian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Teks Ceramah, Peserta Didik, Struktur, isi, dan kaidah kebahasaan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:10
Last Modified: 03 Jan 2023 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54599

Actions (login required)

View Item View Item