NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SELEMBAR ITU BERARTI KARYA SURYAMAN AMIPRIONO DAN CARA PENGAJARANNYA DENGAN MODEL JIGSAW DI SMA
MUHAMMAD FARID DWI SETYAWAN, 2101417087 (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SELEMBAR ITU BERARTI KARYA SURYAMAN AMIPRIONO DAN CARA PENGAJARANNYA DENGAN MODEL JIGSAW DI SMA. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Nilai pendidikan karakter dalam novel “Selembar Itu Berarti” karya Suryaman Amipriono dan cara pengajaranya dengan menggunakan model jigsaw. Peneliti memilih novel “Selembar Itu Berarti” karena sesuai dengan kehidupan sosial masyarakat. Kehidupan sosial dalam novel erat kaitannya dengan masalah kemiskinan, saling peduli, persahabatan, dan agama. Dikemas secara menarik dengan menghadirkan berbagai konflik melalui tokoh-tokoh dalam novel. Pendidikan karakter dipilih peneliti dikarenakan semakin terkikisnya nilai pendidikan karakter dikalangan peserta didik disebabkan besarnya arus globalisasi. Tuntutan pemerintah melalui program PPK, juga menjadi salah satu alasannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan sastra pragmatik. 2) mendeskripsikan cara pengajaran melalui model pembelajaran Jigsaw yang bermuatan nilai pendidikan karakter ke dalam RPP. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif Metode penelitian deskriptif dapat diartikan sebagai cara memecahkan masalah dengan melukiskan atau menggambarkan keadaan objek/subjek berdasarkan fakta yang ada dalam penelitian ini novel sebagai objek penelitiannya dan peneliti sebagai instrumen kunci. Hal tersebut sejalan dengan Sugiyono (2016, h. 15), metode kualitatif menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Pendekatan sastra pragmatik dipilih peneliti, digunakan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Selembar Itu Berarti” karya Suryaman Amipriono. Hasil dari penelitian menujukan bahwa nilai pendidikan dalam novel “Selembar Itu Berarti” karya Suryaman Amipriono dapat diajarkan ke dalam pembelajaran. Peneliti menerapkan hasil temuan nilai dalam novel ke dalam RPP dengan mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai model pembelajaran jigsaw. Simpulan dari penelitian menujukan novel Selembar Itu Berarti” karya Suryaman Amipriono memiliki 12 nilai pendidikan karakter. Dengan 81 data berupa kutipan. 12 nilai pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam RPP menggunakan model jigsaw dengan merepresentasikan ke 12 nilai tersebut ke dalam 5 nilai utama pendidikan karakter. Selanjutnya peneliti mendeskripsikan setiap langkah pembelajaran model jigsaw yang bermuatan 5 nilai pendidikan karakter utama
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | novel, pendidikan karakter, pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 08:02 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54590 |
Actions (login required)
View Item |