WEBTUN JAJAN SQUAD BERMUATAN NILAI NASIONALISME SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR BAGI KELAS VII SMP


Reza Ananda Prayoga, 2101417047 (2022) WEBTUN JAJAN SQUAD BERMUATAN NILAI NASIONALISME SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR BAGI KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101417047 - Reza Ananda Prayoga.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu indikator yang harus terpenuhi pada Kompetensi Dasar menelaah struktur dan kaidah teks prosedur untuk kelas VII SMP adalah adanya muatan nilai nasionalisme dalam teks prosedur tersebut. Diperlukan sumber belajar yang sesuai dengan Kompetensi Dasar tersebut agar indikator pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Salah satu alternatif sumber belajar yang bisa digunakan yaitu webtun. Webtun adalah sebuah web komik berbasis daring yang di dalamnya terdapat berbagai genre cerita. Salah satu genre cerita yang berkaitan dengan teks prosedur yaitu genre slice of life. Salah satu webtun bergenre slice of life yang terdapat muatan nilai nasionalisme di dalamnya adalah berjudul “Jajan Squad”. Terdapat muatan nilai nasionalisme dalam webtun tersebut, baik dituangkan secara implisit maupun eksplisit. Tentunya webtun tersebut harus melalui proses analisis dan rekonstruksi agar bisa digunakan sebagai alternatif sumber belajar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis webtun “Jajan Squad” berdasarkan struktur, kaidah kebahasaan, serta muatan nasionalisme yang muncul dalam webtun tersebut. Kemudian, peneliti juga melakukan rekonstruksi pada webtun “Jajan Squad” tersebut agar dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur bermuatan nilai nasionalisme. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan tersebut dilakukan dengan mengamati, mengidentifikasi, serta menafsirkan apa saja yang didapatkan dari objek penelitian secara alami, sebagaimana adanya, dan tanpa adanya manipulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif. Teknik dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi, yaitu menganalisis keseluruhan isi teks dengan mengambil kesimpulan secara objektif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dari 186 episode webtun “Jajan Squad”, hanya 22 episode yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai sumber belajar teks prosedur. Peneliti melakukan analisis lagi dari 22 webtun tersebut untuk menemukan struktur teks prosedur, kaidah kebahasaan teks iii prosedur, dan muatan nasionalisme serta melakukan analisis kelayakan sebagai sumber belajar. Setelah itu peneliti melakukan rekonstruksi berdasarkan data yang telah diperoleh pada proses analisis sebelumnya dengan memperhatikan aspek kelayakan sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan kepada: 1) kepada sekolah, 2) kepada pendidik, 3) kepada peserta didik, dan 4) kepada peneliti lain. Peneliti menyarankan untuk sekolah-sekolah agar webtun Jajan Squad dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber belajar teks prosedur. Peneliti menyarankan agar webtun Jajan Squad sebaiknya direkonstruksi oleh para pendidik menjadi sebuah sumber belajar yang layak dan digunakan sebagai motivasi dan pengalaman membaca peserta didik dalam pelajaran bahasa Indonesia yang kemudian diarahkan untuk menerapkan nilai-nilai karakter khususnya nasionalisme dalam kehidupan sosial di masyarakat. Peneliti menyarakan untuk peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan bidang pengkajian yang berbeda. Peneliti menyarankan kepada peserta didik agar webtun digunakan sebagai salah satu bacaan karena terdapat nilai-nilai pendidikan karakter khususnya nilai nasionalisme yang bisa dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Webtun, muatan nilai nasionalisme, sumber belajar, teks prosedur.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:34
Last Modified: 03 Jan 2023 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54575

Actions (login required)

View Item View Item