PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERAT TRIPAMA BERBASIS KOMIK DIGITAL WEBTOON UNTUK MAPEL BAHASA JAWA SMA/SMK KELAS XII SEMESTER GENAP


Viqri Khaikal Hidayattulloh, 2601417029 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERAT TRIPAMA BERBASIS KOMIK DIGITAL WEBTOON UNTUK MAPEL BAHASA JAWA SMA/SMK KELAS XII SEMESTER GENAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601417029 - Viqri Khaikal Hidayattulloh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kendala pembelajaran bahasa Jawa materi Serat Tripama untuk kelas XII semester genap, yaitu karena bahasanya yang sulit dipahami, kurang minat siswa terhadap pembelajaran, media guru yang masih konvensional dan lain sebagainya. Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran bertransformasi menjadi serba via daring. Nilai patriotisme dan nasionalisme pada Serat Tripama harus tetap tersampaikan kepada siswa kelas XII sebagai penanaman pendidikan karakter. Hal tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital Webtoon Serat Tripama. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran Serat Tripama berbasis komik digital webtoon untuk kelas xii semester genap. (2) mengembangkan media pembelajaran Serat Tripama berbasis komik digital webtoon untuk kelas xii semester genap. (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli media pembelajaran Serat Tripama berbasis komik digital webtoon untuk kelas xii semester genap. Metode penelitian yang digunakan yaitu R & D (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XII di SMKN 1 Bawang dan SMKN 1 Punggelan Kab. Banjarnegara, serta validator ahli media dan materi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan angket. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data dan informasi; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi desain. Teknik analisis data menggunakan cara analisis deskriptif kualitatif. Hasil pertama penelitian ini menujukan bahwa guru dan siswa membutuhkan media komik digital Webtoon Serat Tripama untuk pembelajaran di kelas XII semester genap. Hasil kedua yaitu penelitian ini berhasil mengembangkan media komik digital Webtoon Serat Tripama dengan tiga bagian yaitu, (1) Prolog, berisi pengenalan tokoh dan pengenalan masalah dalam cerita (2) Isi, menceritakan tentang tokoh Mbah Wedhar menjelaskan isi dari Serat Tripama dan (3) Epilog, adalah bagian akhir cerita atau penutupan. Hasil ketiga yaitu penilaian dari validator ahli media dan ahli materi, menyatakan bahwa media Webtoon Serat Tripama layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jawa untuk kelas XII semester genap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Webtoon, Serat Tripama
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:44
Last Modified: 03 Jan 2023 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54565

Actions (login required)

View Item View Item