ANALISIS KESESUAIAN ISI DAN BAHASA MATERI TEKS ANEKDOT PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/SMK/MA/MAK BERBASIS KURIKULUM 2013


Nova Ayu Riskiyani, 2101417025 (2022) ANALISIS KESESUAIAN ISI DAN BAHASA MATERI TEKS ANEKDOT PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/SMK/MA/MAK BERBASIS KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101417025 - Nova Ayu Riskiyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Belajar dan pembelajaran merupakan aktivitas utama dalam sebuah proses pembelajaran. Dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang baik melibatkan sejumlah komponen yang saling terkait satu sama lain. Komponen yang dimaksud merupakan perangkat pembelajaran yang terdiri atas rencana pembelajaran, alat pembelajaran yang mencakup metode, media, sumber belajar, dan alat evaluasi. Selain itu, pergantian kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 menimbulkan masalah baru salah satunya terkait dengan ketersediaan buku teks sebagai sumber belajar yang berkualitas dan yang sesuai dengan kurikulum. Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku teks merupakan faktor penunjang bagi peserta didik dan merupakan salah satu sumber belajar yang efektif untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, pemilihan buku teks yang berkualitas perlu diperhatikan secara cermat oleh pendidik juga peserta didik sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran. Namun faktanya, masih terdapat kritik dan keluhan terhadap buku yang beredar di sekolah baik buku terbitan pemerintah maupun penerbit swasta. Disisi lain, paradigma pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 berbasis teks tentunya menimbulkan teks-teks baru seperti teks anekdot. Berkaitan dengan hal tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA/MA/SMK/MAK kelas X tepatnya dalam KD 3.6 “Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdot”, serta KD 4.6 yaitu “Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan Memperhatikan Struktur dan Kebahasaan” perlu menggunakan buku yang sesuai dan memenuhi aspek kelayakan sebuah teks. Namun, pada buku teks yang beredar, terdapat ketimpangan isi yang diduga dari struktur dan kebahasaan teks anekdot yang disajikan dalam buku teks. Oleh karena itu, perlu adanya analisis lebih lanjut dan mendalam untuk mengetahui bagaimana kesesuaian isi dan bahasa materi teks anekdot pada buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK berbasis kurikulum 2013 yang beredar di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana kesesuaian isi pada materi teks anekdot dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK/MA/MAK berbasis kurikulum 2013, (2) bagaimana kesesuaian bahasa pada materi teks anekdot dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK/MA/MAK berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian isi dan bahasa materi teks anekdot pada buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA/MA/SMK/MAK berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Wujud data dalam penelitian berupa tujuh buku yang dianalisis berdasarkan kesesuaian isi dan bahasa materi teks anekdot. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri atau human instrument. Peneliti sebagai human instrument memanfaatkan kartu data sebagai alat bantu dalam mencatat data-data penelitian. Selain itu, peneliti juga menggunakan rubrik penilaian dan arsip dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Data-data yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil penelitian kesesuaian isi dan bahasa materi teks anekdot pada buku teks kelas X SMA/MA/SMK/MAK terbitan Kemendikbud, terbitan Erlangga�Engkos Kosasih, terbitan Erlangga - Yustinah, terbitan YRama Widya, terbitan Facil, terbitan Yudhistira dan penerbit Duta berbasis kurikulum 2013 yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat dua buku yang memperoleh kategori sangat baik dari segi kesesuaian isi teks anekdot yaitu Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X terbitan Erlangga dan buku Bahasa Indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X terbitan Yrama Widya. Selanjutnya terdapat lima buku yang memperoleh kategori baik dari segi kesesuaian isi teks anekdot yaitu buku Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi, Produktif Berbahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMK/MAK Kelas X terbitan Erlangga, Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X Kelompok Wajib terbitan Facil, Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X terbitan Yudhistira, dan Buku Siswa Explore Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Penerbit Duta. Ketujuh buku termasuk dalam kategori sangat baik dilihat dari aspek kesesuaian bahasa materi teks anekdot yaitu buku Bahasa Indonesia / Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Edisi Revisi, Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X terbitan Erlangga, Produktif Berbahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMK/MAK Kelas X terbitan Erlangga, buku Bahasa Indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X terbitan Yrama Widya, Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X Kelompok Wajib terbitan Facil, Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X terbitan Yudhistira, dan Buku Siswa Explore Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Penerbit Duta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi guru dalam memilih bahan ajar teks anekdot, dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengkaji penelitian yang relevan dengan penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku teks, teks anekdot, kesesuaian isi, kesesuaian bahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:52
Last Modified: 03 Jan 2023 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54561

Actions (login required)

View Item View Item