Pengembangan Media Pembelajaran Safety RidingBerbasis Augmented Reality Dalam Uji Kompetensi SIM C


Anang Kabul Prastyo, 1102416038 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Safety RidingBerbasis Augmented Reality Dalam Uji Kompetensi SIM C. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102416038 - Anang Kabul Prastyo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor (SPM) adalah salah satu kendaraan pribadi yang sangat digemari oleh masyarakat golongan menengah ke bawah di Indonesia. Sayangnya pengendara sepeda motor menjadi penyumbang kecelakaan berkendara nomor satu di Indonesia. Faktor penyebab paling utama kecelakaan dari pengendara sepeda motor adalah kurangnya pengetahuan berkendara yang aman di jalan raya. Hal ini diperkuat oleh beberapa penelitian terkait yang menyatakan bahwa ada korelasi antara tingkat pengetahuan berkendara dengan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh pengendara sepeda motor. Dibutuhkan solusi yang konkret dan inovatif dalam penyelesaian peningkatan pengetahuan berkendara pengendara sepeda motor agar mempunyai pengetahuan yang memadai dalam berkendara sepeda motor di jalan raya dan bisa menurunkan angka kecelakaan dan potensi angka kematian di jalan raya karena mayoritas pengendara dengan umur 17 hingga 25 mengalami kecelakaan berkendara di jalan raya. Pengembangan media pembelajaran safety riding berbasis augmented reality dalam uji kompetensi SIM C adalah salah satu solusi untuk memberikan pengetahuan tentang safety riding bagi pengendara SPM khususnya pengendara dengan usia 17 hingga 25 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan pendekatan penelitian ADDIE (analysis, design, development, impelemntation, evaluation). Dalam proses pengembanganya, peneliti menggunakan perangkat lunak Unity 3D dan Blender 3D untuk mengolah citra 3 dimensi dan melakukan simulasi berkendara aman yang ditambahkan teknologi augmented reality sehingga simulasi berkendara dapat disaksikan oleh pengendara SPM secara rill tanpa terkendala ruang dan waktu. Dalam uji coba penggunaan, kenaikan hasil pengetahuan yang diukur menggunakan test pretest dan posttest adalah sebesar 21,07 dengan hasil rata-rata pretest adalah 67,32 dan rata-rata posttest adalah 88,39. Dalam uji prasyarat analisis dilakukan uji t-test one sample dan didapatkan hasil thitung =13, 741 dengan ttabel = 2,473 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat diartikan bahwa pengembangan media pembelajaran safety riding berbasis augmented reality dalam uji kompetensi SIM C berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan berkendara aman pengendara SPM usia 17 hingga 25 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Augmented Reality, Safety Riding, Sepeda Motor.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:35
Last Modified: 03 Jan 2023 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54558

Actions (login required)

View Item View Item