IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SEMARANG
Arif Widodo, 3101415072 (2022) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penguatan pendidikan Karakter (PPK) adalah salah satu program pemerintah dalam menaggapi krisi moral yang dihadapi bangsa Indonesia. Salah satu pelaksanaan PPK adalah dengan pendekatan berbasis kelas. Pembelajaran Sejarah sangat mendukung dalam penerapan pengutan pendidikan karakter bangsa. Dalam penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Semarang menunjukan bahwa, pendidikan karakter belum maksimal diterapkan disekolah ini kasus bullying pernah terjadi yang mengakibatkan dua siswa dikeluarkan, mesikipun sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit dan telah menerapkan pendidikan karakter sejak lama. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Semarang, (2) Mengkaji kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanan penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Semarang, (3) Mengetahui tanggapan siswa tentang penerapan penguatan pendidikan karakter pada pembelajran sejarah di SMA Negeri 1 Semarang Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah kurang maksimal dengan sistem PJJ karena kurangnya pengamatan sikap secara langsung (2) kendala yang dialami oleh guru yaitu: waktu yang terbatas, sitem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang kurang mendukung, peserta didik yang malas baca literasi, fasilitas dan biaya tinggi, latar belakang keluarga yang bermasalah, (3) tanggapan pserta didik sudah cukup baik mengenai pentingnya penguatan pendidikan karakter terbukti dari sikap dan respon peserta didik saat pembelajaran. Saran yang bisa diberikan adalah tetap semangat bagi para pelaksana program Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah, terus mengembangkan strategi yang cocok dengan kondisi sekolah meskipun hasil pendidikan karakter bukanlah sesuatu yang bisa langsung dirasakan namun ini merupakan program jangka panjang yang hasilnya bisa dilihat pada generasi bangsa kedepan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strengthening Character Education, History Lesson |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Sri Wahyuningsih |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 06:07 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54557 |
Actions (login required)
View Item |