KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TAYANGAN TELEVISI SI BOLANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Dimas Khalish Jabbar, 2101416058 (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TAYANGAN TELEVISI SI BOLANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101416058 - Dimas Khalish Jabbar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan dan kemampuan dalam menulis sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, hal ini dikarenakan dengan menulis dapat menjadi sarana dalam penyampaian perasaan atau pendapat. Dari hasil penelitian awal terlihat peserta didik kesulitan dalam penulisan teks eksplanasi, hal ini dibuktikan dari tes awal yang dilakukan dan hasil wawancara pendidik. Hal tersebut menjadi salah satu alasan dilakukannya penelitian ini dengan mengeksperimenkan model pembelajaran yang cocok dengan pembelajaran tersebut, disini peneliti memilih dua model yang akan dieksperimenkan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII E dan kelas VIII F yaitu model Cooperative Integrated Reading and Composition dan model Think Talk Write. Pembelajaran dengan kedua model tersebut dapat memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengembangkan ide-idenya menjadi teks eksplanasi yang kreatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbantuan media video tayangan televisi Si Bolang pada peserta didik kelas VIII SMP, (2) bagaimana keefektifan model Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbantuan media video tayangan televisi Si Bolang pada peserta didik kelas VIII SMP, (3) manakah yang lebih efektif antara model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbantuan media video tayangan televisi Si Bolang pada peserta didik kelas VIII SMP. Desain penelitian ini menggunakan yaitu quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Semarang dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII E dan kelas VIII F yang masing-masing berjumlah 32 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan secara daring dikarenakan masih terdampak pandemi virus COVID-19. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selain menggunakan teknik tes penelitian ini menggunakan teknik nontes pula yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian meliputi uji kesamaan rata-rata, uji prasyarat analisis (normalitas dan homogenitas), dan analisis akhir (uji hipotesis). Hasil dari penelitian ini mendapatkan data bahwa pada pengujian pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition menunjukan keefektifan hal ini dibuktikan dengan rumus paired sample t-test yang dibantu program SPSS versi 20 menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05. Selain itu terjadi perubahan nilai rata-rata dari pretest ke posttest sebesar 8,68 yang pada tes awal mendapatkan 69,78 menjadi 78,46, kemudian pada penilaian proses mendapatkan 84,37% yang berarti efektif dan penilaian sikap mendapatkan 87,18% yang berarti sangat baik. Hasil analisis kedua pada pengujian pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model Think Talk Write menunjukan keefektifan dengan dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05. Selain itu terjadi perubahan nilai rata-rata dari pretest ke posttest sebesar 9,57 yang pada awal mendapatkan 70,68 meningkat menjadi 80,25, kemudian pada penilaian proses mendapatkan 89,06% yang berarti sangat efektif dan penilaian sikap mendapatkan 90% yang berarti sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran menulis teks eksplanasi lebih efektif bila menggunakan model Think Talk Write berbantuan media video tayangan televisi Si Bolang daripada menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media video tayangan televisi Si Bolang hal ini dilihat dari perbedaan perubahan nilai rata-rata pada kedua model tersebut. Pada pembelajaran model Think Talk Write mengalami perubahan rata-rata nilai sebesar 9,57 poin sedangkan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition hanya mengalami perubahan rata-rata nilai sebesar 8,68 poin, terdapat perbedaan sebesar 0,98 poin pada kedua perbedaan perubahan. Maka dari itu pembelajaran menulis teks eksplanasi efektif bilan menggunakan model Think Talk Write yang berbantuan media video tayangan televisi Si Bolang pada peserta didik kelas VIII SMP. Setelah penelitian ini berakhir, peneliti ingin memberikan saran atau masukan kepada beberapa pihak seperti: (1) peserta didik untuk lebih teliti dalam mengerjakan tugas (terutama dalam menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan) jika masih ada waktu untuk dikoreksi kembali pekerjaan mereka; (2) pendidik lebih cermat dalam menentukan pengajaran materi seperti penentuan model dalam suatu pembelajaran; (3) sekolah agar lebih memperhatikan peserta didik dan pendidik bilamana terdapat pendidik yang membutuhkan sarana dan prasarana yang lebih maka sekolah diharapkan menyediakan hal tersebut; (4) peneliti selanjutnya agar lebih inovatif dalam menentukan ide atau topik yang diteliti

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi, Model Cooperative Integrated Reading and Composition, dan Model Think Talk Write.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:36
Last Modified: 03 Jan 2023 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54553

Actions (login required)

View Item View Item