ANALISIS FILM ANIMASI NUSSA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI


Fariz Hibathul Hakim, 1102414078 (2020) ANALISIS FILM ANIMASI NUSSA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102414078 - Fariz Hibathul Hakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena jumlah anak-anak dan remaja pelaku tindak kriminalitas semakin meningkat, masih kurangnya media pendidikan dalam pengajaran nilai-nilai ajaran agama pada anak usia dini dan penyampaian ajaran agama islam yang kurang inovatif membuat anak-anak pada usia dini tidak paham Akibatnya, siswa menjadi mudah bosan dan tidak memiliki minat belajar yang tinggi. Penggunaan strategi belajar mind mapping diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan belajarnya sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efek layanan penguasaan konten tentang strategi belajar mind mapping terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan analisis naratif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan analisis model Todorov dengan menganalisis suatu narasi dengan struktur dari awal hingga akhir. Data deskriptif diperoleh dari serial animasi Nussa episode 1-10 season 1 dan akan dianalisis lebih lanjut dalam analisis data. Objek penelitiannya yaitu berupa nilainilai ajaran agama islam yang terkandung dalam serial animasi Nussa episode 1-10. Film animasi Nussa dan Rarra merupakan karya yang sesuai dengan penanaman nilainilai ajaran agama islam pada pembelajaran anak usia dini lingkup agama dan moral. Nilai ajaran agama islam tersebut meliputi nilai akidah, nilai syari'ah dan nilai akhlak. Terdapat relevansi antara nilai ajaran agama islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rarra dengan penanaman nilai-nilai ajaran agama islam pada pembelajaran anak usia dini lingkup agama dan moral meliputi nilai akidah, nilai syari'ah dan nilai akhlak yang relevan dengan indikator pembelajaran anak usia dini Permendikbud No.137 Tahun 2014 kelompok Usia 4 – ≤ 6. Signifikansi penanaman nilai ajaran agama islam pada pembelajaran anak usia dini lingkup agama dan moral memiliki peran yang sangat menentukan. Adapun signifikansi pendidikan akhlak bagi anak dari nilai-nilai akhlak tersebut dapat menjadikan anak memiliki akidah yang baik, pengetahuan tentang syari'at Islam dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pendidikan, anak usia dini, animasi nussa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:18
Last Modified: 03 Jan 2023 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54551

Actions (login required)

View Item View Item