Keefektifan Metode Student Team Heroic Leadership (STHL) dengan Pemberian Tugas Terstruktur dan Metode Student Team Heroic Leadership Compact Disc (CD) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Materi Pokok Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMPN 30 Semarang
Leni Ambarwati, 2009 (2009) Keefektifan Metode Student Team Heroic Leadership (STHL) dengan Pemberian Tugas Terstruktur dan Metode Student Team Heroic Leadership Compact Disc (CD) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Materi Pokok Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMPN 30 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Metode Student Team Heroic Leadership (STHL) dengan Pemberian Tugas Terstruktur dan Metode Student Team Heroic Leadership Compact Disc (CD) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Materi Pokok Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMPN 30 Semarang)
- Published Version
Download (21kB) | Preview |
Abstract
Leni Ambarwati. 2009. Keefektifan Metode Student Team Heroic Leadership (STHL) dengan Pemberian Tugas Terstruktur dan Metode Student Team Heroic Leadership Compact Disc (CD) Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Materi Pokok Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMPN 30 Semarang. Skripsi. Progaram Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Metode STHL, Tugas Terstruktur, CD, Hasil Belajar Metode Student Team Heroic Leadership (STHL) dengan penggunaan tugas terstruktur dan Compact Disc (CD) merupakan salah satu altenatif metode pembelajaran matematika. Pembelajaran dengan metode STHL dengan pemberian tugas pada modul sedangkan pembelajaran yang menggunakan CD dalam pelaksanaannya CD yang berisi materi dan tugas ditampilkan pada saat tatap muka dikelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh metode STHL (dengan pemberian tugas terstuktur dan berbatuan CD) dengan metode ekspositori, (2) apakah hasil belajar matematika siswa dengan metode STHL dengan pemberian tugas terstruktur lebih baik daripada metode ekspositori, (3) apakah hasil belajar matematika siswa dengan metode STHL dengan berbantuan CD lebih baik daripada metode ekspositori, (4) apakah hasil belajar matematika siswa dengan metode STHL dengan pemberian tugas terstruktur lebih baik daripada metode STHL dengan berbantuan CD. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 30 Semarang yang sebanyak 308 orang yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIII A sampai dengan VIII G. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling terhadap kelas diperoleh kelas VIII F dan VIII G sebagai kelas eksperimen, serta VIII D sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang digunakan adalah metode STHL dengan pemberian tugas tersrtuktur, berbantuan CD, dan pembelajaran ekspositori. Variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Data diambil dengan cara tes dan diuji dengan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil antara siswa yang memperoleh metode STHL dengan pemberian tugas terstuktur dan berbantuan CD dengan pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode STHL dengan pemberian tugas terstruktur (76,82) lebih baik dari pada metode ekspositori (63,50), (3) hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode STHL dengan berbantuan CD (72,34) lebih baik dari pada metode ekspositori (63,50), (4) hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode STHL dengan pemberian tugas terstuktur (76,82) lebih baik daripada metode STHL dengan berbantuan CD (72,34). Salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan adalah dengan menerapkan metode STHL dengan pemberian tugas terstruktur dan berbantuan CD. Guru SMP N 30 Semarang. diharapkan menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran STHL pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode STHL, Tugas Terstruktur, CD, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 01:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 02:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5455 |
Actions (login required)
View Item |