PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS VII PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SKB KOTA SEMARANG


HAFIIDHA AINUN FEBRIANI, 1102417047 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS VII PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SKB KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 110241047 - Hafiidha Ainun Febriani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan e-modul interaktif pada mata pelajaran IPA kelas VII paket B di pendidikan kesetaraan SKB Kota Semarang sehingga dihasilkan e-modul interaktif yang layak dan baik digunakan, (2) mengetahui langkah pembuatan e-modul interaktif menggunakan software Adobe Indesign, (3) mengetahui kelayakan dari pengembangan E-modul interaktif pada mata pelajaran IPA kelas VII paket B. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu guru mata pelajaran ahli materi, dua dosen ahli media dan warga belajar kelas VII SKB Kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan hasil pengisian angket kelayakan, Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul terdiri dari lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon warga belajar terhadap penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran yang dikembangkan menjadi modul elektronik(e-modul) interaktif mata pelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk siswa kelas VII paket B di SKB Kota Semarang dengan memasukkan unsur-unsur infografis, (2) e-modul dibuat menggunakan adobe indesign memanfaatkan fitur object state dan button and forms dengan keluaran file berformat epub3, (3) e-modul dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan oleh ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 3,73 dan 3,78, sementara oleh respon warga belajar sebagai pengguna sebesar 3,43, sehingga kelayakan e-modul interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan ahli materi, ahli media, dan respon warga belajar, maka e-modul interaktif mata pelajaran IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar warga belajar kelas VII di pendidikan kesetaraan khususnya SKB Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Modul, Interaktif, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:02
Last Modified: 03 Jan 2023 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54546

Actions (login required)

View Item View Item