ANALISIS STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN NILAI KARAKTER YANG DAPAT DITELADANI DARI TOKOH PADA RUBRIK SOSOK & SISI LAIN HARIAN JAWA POS DAN RUBRIK SOSOK HARIAN KOMPAS DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEKS BIOGRAFI
KHOERIYATUN, 2101415064 (2022) ANALISIS STRUKTUR, KAIDAH KEBAHASAAN, DAN NILAI KARAKTER YANG DAPAT DITELADANI DARI TOKOH PADA RUBRIK SOSOK & SISI LAIN HARIAN JAWA POS DAN RUBRIK SOSOK HARIAN KOMPAS DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEKS BIOGRAFI. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter dipahami hanya sebatas aspek kognitif. Artinya, peserta didik baru mengenal karakter baik itu apa, belum menjadi sikap hidup yang dilakukan dengan penuh kesadaran. Di sisi lain, pendidikan karakter menyimpan misi penting dan mulia, yakni mencetak generasi-generasi unggul yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki kepribadian positif. Bagian dari upaya mencapai misi pendidikan karakter di sekolah ialah melalui pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu jenis teks yang dipelajari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA ialah teks biografi. Pemilihan sumber belajar berupa teks biografi yang sesuai dalam pembelajaran teks biografi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan guru. Teks biografi yang digunakan guru dalam pembelajaran diharapkan berupa teks biografi yang tidak hanya bersifat informatif, namun juga dapat memotivasi siswa. Rubrik “Sosok & Sisi Lain” dalam Harian Jawa Pos dan rubrik “Sosok” dalam Harian Kompas memuat sosok-sosok inspiratif dengan berbagai prestasi, sehingga diharapkan dapat memotivasi dan menjadi teladan bagi siswa. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan rubrik “Sosok & Sisi Lain” dalam Harian Jawa Pos dan rubrik “Sosok” dalam Harian Kompas sebagai sumber belajar teks biografi berdasarkan hasil analisis struktur, kaidah kebahasaan, dan nilai karakter yang dapat diteladani dari tokoh pada rubrik-rubrik tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dari hasil analisis struktur, kaidah kebahasaan, dan nilai karakter yang dapat diteladani dari tokoh dalam rubrik “Sosok & Sisi Lain” dalam Harian Jawa Pos dan rubrik “Sosok” dalam Harian Kompas sebagai sumber belajar teks biografi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan pernyataan dalam teks biografi yang mengandung nilai-nilai karakter, struktur, dan kaidah kebahasaan, serta aspek lain yang mendukung kevalidan serta kelayakan rubrik “Sosok & Sisi Lain” Harian Jawa Pos dan rubrik “Sosok” Harian Kompas sebagai sumber belajar. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah rubrik “Sosok & Sisi Lain” Harian Jawa Pos Radar Semarang rubrik “Sosok” Harian Kompas edisi vii bulan Februari 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan teknik catat. Teknik analisis data dengan cara reduksi, pemaparan, dan penyimpulan data. Setelah melakukan analisis terhadap struktur, kaidah kebahasaan, dan nilai karakter dari 29 teks dalam rubrik “Sosok & Sisi Lain” Harian Jawa Pos dan 14 teks dalam rubrik “Sosok” Harian Kompas sehingga diperoleh sebanyak 129 data, serta menganalisis kelayakannya sebagai sumber belajar teks biografi, dapat diketahui bahwa sebagian teks dalam rubrik “Sosok & Sisi Lain” Harian Jawa Pos sudah memiliki struktur lengkap teks biografi dan terdapat nilai karakter yang diteladani dari tokoh, namun belum memenuhi kaidah kebahasaan teks biografi, sehingga dapat dinyatakan belum layak menjadi sumber belajar teks biografi. Sementara itu, seluruh teks dalam rubrik “Sosok” Harian Kompas telah memiliki struktur lengkap dan memenuhi kaidah kebahasaan teks biografi, serta terdapat nilai karakter yang diteladani dari tokoh, sehingga dapat dinyatakan layak menjadi sumber belajar teks biografi. Beberapa saran yang dapat dijadikan masukan bagi berbagai pihak mengenai penelitian ini antara lain: 1) guru dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai referensi sumber belajar dalam pembelajaran teks biografi dan merekonstruksi teks yang belum layak menjadi teks yang layak, 2) peserta didik dapat memanfaatkan rubrik-rubrik tersebut tak hanya sebagai sumber belajar, namun juga mengambil hikmah dari kisah tokoh, meneladani nilai karakter tokoh, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, 3) penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan dikembangkan menjadi penelitian selanjutnya dengan topic yang berkaitan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan, Nilai Karakter, Teks Biografi, Sumber Belajar |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54543 |
Actions (login required)
View Item |