Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES


Ahmad Nurkhin, - and Fachrurrozie, FE Akuntansi (2018) Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1 (1). pp. 1-12. ISSN 2620-5866

[thumbnail of Analisis pengaruh dimensi fraud diamond.pdf] PDF - Published Version
Download (265kB)

Abstract

Perilaku kecurangan akademik mahasiswa merupakan fenomena yang sangat penting untuk dipahami faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa. Dimensi fraud diamond terdiri dari tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan kemampuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain uji kausalitas. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNNES angkatan 2016. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNNES sering melakukan kecurangan akademik dalam bentuk kerjasama yang salah dalam menyelesaikan tugas kelompok. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan hanya dua dimensi fraud diamond yang terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, yaitu tekanan dan rasionalisasi.Dimensi kesempatan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik.Sementara dimensi kemampuan mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kecurangan akademik, fraud diamond, tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:03
Last Modified: 03 Jan 2023 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54533

Actions (login required)

View Item View Item