PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF PERISTIWA BUDAYA DI SMP NEGERI 2 PECANGAAN


Dea Ananda, 2601417006 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF PERISTIWA BUDAYA DI SMP NEGERI 2 PECANGAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601417006 - Dea Ananda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Memahami isi teks deskriptif peristiwa budaya merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum SMP/MTs kelas VII. Peserta didik diharapkan dapat memahami isi teks deskriptif peristiwa budaya. Akan tetapi, media pembelajaran yang digunakan belum bervariasi dan masih berbasis teks berupa buku paket dan modul MGMP. Penggunaan media pembelajaran berbentuk buku dan modul tidak memberikan deskripsi mengenai gambaran umum terjadinya prosesi budaya, sehingga peserta didik akan kesulitan dalam memahami materi. Selain itu, materi yang disajikan juga belum mengangkat peristiwa budaya yang ada di Kabupaten Jepara, sehingga konteks dari KD dengan pengaplikasian di sekolah berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media digital storytelling dalam pembelajaran teks deskriptif peristiwa budaya di SMP Negeri 2 Pecangaan, (2) mengembangkan media digital storytelling dalam pembelajaran teks deskriptif peristiwa budaya di SMP Negeri 2 Pecangaan, (3) mengetahui hasil validasi dari para ahli mengenai pengembangan produk media digital storytelling dalam pembelajaran teks deskriptif peristiwa budaya di SMP Negeri 2 Pecangaan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan tahapan penelitian meliputi, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII dan guru bahasa Jawa SMP Negeri 2 Pecangaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, angket, dan lembar penilaian uji ahli. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu, (1) guru dan peserta didik membutuhkan media digital storytelling untuk menunjang proses pembelajaran teks deskriptif peristiwa budaya, (2) produk media digital storytelling dalam pembelajaran teks deskriptif peristiwa budaya Jembul Tulakan, dirangkai dalam bentuk gambar animasi yang di dalamnya terdapat materi pembelajaran dan alat evaluasi pembelajaran, (3) hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa produk media digital storytelling termasuk dalam kategori sangat sesuai dengan rata-rata skor 3,6. Hasil validasi ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,4 yang artinya produk media digital storytelling sesuai dan layak diuji cobakan di sekolah sebagai media pembelajaran teks deskriptif peristiwa budaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, digital storytelling, peristiwa budaya.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:58
Last Modified: 03 Jan 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54525

Actions (login required)

View Item View Item