PEMEROLEHAN BAHASA JAWA SANTRIWATI NON SUKU JAWA DI PONDOK PESANTREN MODERN SYUBBANUL WATHON MAGELANG (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)


Saniatun Choiriyah, 2601416077 (2021) PEMEROLEHAN BAHASA JAWA SANTRIWATI NON SUKU JAWA DI PONDOK PESANTREN MODERN SYUBBANUL WATHON MAGELANG (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601416077 -  Saniatun Choiriyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bagi santriwati di Pondok Pesanren Modern Syubbanul Wathon Magelang, penggunaan bahasa Jawa sangatlah penting dan bahasa Jawa menjadi Bahasa utama. Namun, tidak semua santriwati memiliki kemampuan dalam hal penguasaan kosakata bahasa Jawa, karena bukan hanya santriwati dari suku Jawa saja yang ada di pesantren tersebut, terdapat pula santriwati non suku Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses pemerolehan bahasa Jawa santriwati non suku Jawa di Pondok Pesantren Modern Syubbanul Wathon Magelang; (2) Faktor apa yang mempengaruhi pemerolehan Bahasa Jawa santriwati non suku Jawa di Pondok Pesantren Modern Syubbanul Wathon Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu teknik simak (observasi lapangan) dan teknik cakap (wawancara). Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Pemerolehan bahasa Jawa pada santriwati non suku Jawa di Pondok Pesantren Modern Syubbanul Wathon Magelang dibagi menjadi dua yaitu pemerolehan bahasa Jawa secara formal melalui pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dan pemerolehan bahasa Jawa secara informal melalui interaksi dengan lingkungan serta teman sebaya. Selanjutnya yaitu faktor pemerolehan bahasa Jawa santriwati non suku Jawa, diantaranya faktor motivasi, faktor penyajian formal, faktor bahasa pertama, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Psikolinguistik, proses pemerolehan bahasa Jawa, faktor pemerolehan bahasa kedua, santriwati.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Jan 2023 01:49
Last Modified: 03 Jan 2023 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54524

Actions (login required)

View Item View Item